Sabtu 09 Mar 2024 13:43 WIB

Doa yang DIbaca Rasulullah SAW Agar Rezeki Berkah, Salah Satunya Diajarkan Suami Fatimah

Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (Ilustrasi). Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman
Foto: Republika/Thoudy Badai
Berdoa (Ilustrasi). Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Imam Bukhari dalam kitab karangannya, al-Adab al-Mufrad, memuat sebuah hadits yang berisi doa Rasulullah SAW. Doa ini memuat permohonan Nabi SAW kepada Allah SWT agar rezeki beliau SAW dicukupkan.

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas RA, dikatakan sebagai berikut:

Baca Juga

كان من دعاء النبي صلّى الله عليه وسلّم: « اللَّهُمَ قَنِّعْنِي بِمَا رَزَقْتَنِي، وَبَارِكْ لي فِيهِ، وَاخْلُفْ عَلَيَّ كُلَّ غَائِبَةٍ لِي بِخَيْرٍ»

“Di antara doa Nabi Muhammad SAW adalah, "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan apa yang telah Engkau rezekikan kepadaku. Berkahilah aku dengan rezeki tersebut dan gantikanlah setiap yang hilang dariku dengan kebaikan yang lebih baik."

Hadits tersebut tidak hanya ada dalam kitab al-Adab al-Mufrad karya Imam Bukhari, tetapi juga tercantum di dalam al-Mustadrak karya al-Hakim, serta di dalam Sya'b al-Iman karya al-Baihaqi.Adapun doa lengkapnya disertai latin dan terjemahan, sebagai berikut:

 اللَّهُمَ قَنِّعْنِي بِمَا رَزَقْتَنِي، وَبَارِكْ لي فِيهِ، وَاخْلُفْ عَلَيَّ كُلَّ غَائِبَةٍ لِي بِخَيْرٍ

Latin:

Allahumma qonni'nii bi maa rozaq-tanii wa baarik lii fiihi wakhluf 'alayya kulla ghoo-ibatin lii bi khoirin

Terjemahan:

"Ya Allah, cukupkanlah aku dengan apa yang telah Engkau rezekikan kepadaku. Berkahilah aku dengan rezeki tersebut dan gantikanlah setiap yang hilang dariku dengan kebaikan yang lebih baik."

Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga pernah mengajarkan sebuah doa kepada Ali bin Abi Thalib RA. Doa berikut ini merupakan penggalan dari hadits yang dikeluarkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Ahmad.

Hadits ini menceritakan seorang budak yang sedang mengalami kesusahan lalu dia mengadu kepada Ali RA untuk meminta pertolongan. Setelah itu, Ali pun memberitahukan tentang beberapa kalimat yang telah diajarkan Rasulullah SAW kepada dirinya.

Berikut ini doanya:

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Latin:

"Allahummak finii bi halaalika 'an haroomika wa aghninii bi fadhlika 'amman siwaaka."

Artinya: "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan barang yang halal dan jauhkan dari yang haram. Dan perkaya aku dengan keutamaan-Mu hingga aku tidak butuh kepada selain-Mu."

Anjuran berdoa

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement