Jumat 08 Mar 2024 12:34 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Bersihkan Diri Sebelum Ramadhan

Bagaimana cara kita membersihkan hati sebelum Ramadhan?

Ilustrasi Ramadhan
Foto:

Hadirin sidang Jumat yang berbahagia

Cerminan diri kita dapat terlihat dari hati. Hati merupakan pemimpin bagi anggota tubuh yang lain. Saat hati kita bersih dan suci, anggota tubuh lain pun akan mengikuti sang pemimpin itu.

Rasulullah saw pernah mengingatkan kepada kita mengenai hal ini. Beliau bersabda:

 أَلَا وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلُحَتْ صَلُحَ لَهَا سَائِرُ الْجَسَدِ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ لَهَا سَائِرُ الْجَسَدِ أَلاَ وَهِيَ الْقَلْبُ. (مُتَّفَقٌ عَلَيْه)

Artinya: "Ketahuilah bahwa di dalam diri terdapat daging. Saat daging itu baik, seluruh tubuh pun akan baik. Namun jika daging itu rusak, seluruh tubuh pun akan rusak. Daging itu adalah hati. (HR Bukhari dan Muslim).

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara kita membersihkan hati sebelum Ramadhan, bulan mulia ini, datang? Diriwayatkan dari Ibnu Umar yang menceritakan bahwa Rasulullah saw. pernah berpesan:

 إِنَّ هَذِهِ اْلقُلُوْبَ تَصْدَأُ كَمَا يَصْدَأُ الْحَدِيْدُ إِذَا أَصَابَهُ الْمَاءُ قِيْلَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ وَمَا جَلاَؤُهَا؟ قَالَ: ” كَثْرَةُ ذِكْرِ الْمَوْتِ وَتِلَاوَةِ الْقُرْآنِ. (رَوَاهُ الْبَيْهَقِيُّ)

Artinya, “Hati ini seringkali berkarat seperti besi yang berkarat saat terkena air. Terus apa pembersihnya, Rasul? Pembersihnya adalah memperbanyak mengingat mati dan membaca Al-Qur’an.” (HR Al-Baihaqi).

Selanjutnya...

sumber : https://islam.nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-membersihkan-diri-sebelum-ramadhan-2GUXk
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement