Rabu 06 Mar 2024 23:50 WIB

2 Doa Ini Kerap Dibaca Rasulullah SAW Agar Diberikan Rezeki Berkah

Rezeki berkah merupakan dambaan setiap Muslim

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Berdoa (Ilustrasi). Rezeki berkah merupakan dambaan setiap Muslim
Foto: Republika/Wihdan
Berdoa (Ilustrasi). Rezeki berkah merupakan dambaan setiap Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Keberkahan adalah inti dari segala sesuatu dalam hidup seorang Muslim, termasuk soal rezeki. Tak mudah mendapat rezeki berkah.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan tentang sebuah doa meminta rezeki yang cukup dan berkah. Adapun doa lengkapnya disertai latin dan terjemahan, sebagai berikut:

Baca Juga

 اللَّهُمَ قَنِّعْنِي بِمَا رَزَقْتَنِي، وَبَارِكْ لي فِيهِ، وَاخْلُفْ عَلَيَّ كُلَّ غَائِبَةٍ لِي بِخَيْرٍ

Latin:

Allahumma qonni'nii bi maa rozaq-tanii wa baarik lii fiihi wakhluf 'alayya kulla ghoo-ibatin lii bi khoirin

Terjemahan:

"Ya Allah, cukupkanlah aku dengan apa yang telah Engkau rezekikan kepadaku. Berkahilah aku dengan rezeki tersebut dan gantikanlah setiap yang hilang dariku dengan kebaikan yang lebih baik."

Doa Ini dapat diketahui melalui hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA, sebagaimana tercantum dalam kitab-kitab hadits. Berikut ini haditsnya:

كان من دعاء النبي صلّى الله عليه وسلّم: اللَّهُمَ قَنِّعْنِي بِمَا رَزَقْتَنِي، وَبَارِكْ لي فِيهِ، وَاخْلُفْ عَلَيَّ كُلَّ غَائِبَةٍ لِي بِخَيْرٍ

Di antara doa Nabi Muhammad SAW adalah, "Ya Allah, cukupkanlah aku dengan apa yang telah Engkau rezekikan kepadaku. Berkahilah aku dengan rezeki tersebut dan gantikanlah setiap yang hilang dariku dengan kebaikan yang lebih baik."

Hadits tersebut ada dalam kitab al-Adab al-Mufrad karya Imam Bukhari, dalam al- Mustadrak karya Al Hakim, dan dalam Sya'b Al Iman karya Al Baihaqi.

Dalam riwayat lain, disebutkan bahwa Nabi SAW pernah memberitahukan kepada Ali bin Abi Thalib RA tentang sebuah doa agar dicukupkan dengan sesuatu yang halal.

Berikut ini doanya:

اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَ أَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Latin:

"Allahummak finii bi halaalika 'an haroomika wa aghninii bi fadhlika 'amman siwaaka."

Terjemah: 

"Ya Allah, cukupkanlah aku dengan barang yang halal dan jauhkan dari yang haram. Dan perkaya aku dengan keutamaan-Mu hingga aku tidak butuh kepada selain-Mu."

Doa itu adalah penggalan dari hadits yang dikeluarkan oleh Imam Tirmidzi dan Imam Ahmad. Hadits ini mengisahkan mengenai seorang budak yang sedang mengalami kesusahan lalu dia mengadu kepada Ali RA untuk meminta pertolongan.

Kemudian Ali RA mengajarkan beberapa kalimat yang telah diajarkan Rasulullah SAW kepadanya. Kalimat yang diajarkan oleh Ali RA kepada budak tersebut ialah doa sebagaimana telah disebutkan di atas.

Anjuran berdoa

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement