Kamis 29 Feb 2024 18:49 WIB

Keistimewaan Surat Yasin Terungkap dalam 3 Hadits Rasulullah SAW Berikut

Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Sejumlah umat muslim membaca Surat Yasin (ilustrasi). Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan
Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Sejumlah umat muslim membaca Surat Yasin (ilustrasi). Surat Yasin mempunyai sejumlah keutamaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Surat Yasin lekat dengan umat Islam terutama di wilayah Asia Tenggara, terlebih Indonesia. Surat ini kerap dibaca setiap malam Jumat. 

Rasulullah SAW, dalam sejumlah riwayat, mengungkapkan keistimewaan surat ini. Prof Quraish Shihab dalam bukunya "Yasin dan Tahlil" menjelaskan nama surat Yasin diambil dari ayat pertama surat ini. 

Baca Juga

Nama tersebut diperkenalkan Rasulullah SAW sendiri. Dalam riwayat Imam Ahmad, Abu Dawud, An-Nasaa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim, dari Ma’qal bin Yasir RA, Rasulullah SAW bersabda: 

 اقْرَؤُا عَلَى مَوْتَاكُمْ يس "Bacakanlah surat Yasin bagi orang-orang mati/yang sedang akan mati".

Berikut ini, beberapa hadits yang berkenaan dengan keutamaan surat Yasin yang dihimpun Republika.co.id:

1. Bikin sehat mental  

Membaca Surat Yasin membuat seseorang merasa tenang dan nyaman secara psikis dan mental. Saat membaca Surat ini, maka siapapun harus memiliki niat yang murni untuk bertaubat kepada Allah SWT dan memenuhi kebutuhannya.

عن أبي هريرة قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: (من قرأ سورة يس في ليلة ابتغاء وجه الله غُفر له في تلك الليلة).

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa pun yang membaca Surat Yasin pada waktu malam untuk mengharap wajah Allah (ridha Allah), maka mendapat ampunan di malam tersebut." (HR. Ad Darimi)

2. Meringankan beban orang yang wafat 

Surat Yasin ketika dibacakan untuk orang yang telah meninggal dunia, maka memberikan keringanan untuknya. Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Darda RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

 يروي أبو الدّرداء عن النبيّ -عليه الصّلاة والسّلام- أنه قال: (ما من ميّت يموت فيقرأ عنده (يس) إلّا هوّن الله عليه).

"Tidak ada mayit yang dibacakan (Surat) Yasin di dekatnya, kecuali Allah memberi kemudahan kepadanya." (HR Ad Dailami)

3. Hati Alquran

Surat Yasin adalah salah satu surat dalam Alquran yang diturunkan di Makkah, dengan total 83 ayat dan isinya mengenai ketauhidan dan adzan bagi orang-orang yang beriman. Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa Surat Yasin adalah qolbu Alquran atau hati Alquran.

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, "Sesungguhnya setiap sesuatu memiliki hati, dan hatinya Alquran adalah surat Yasin. Siapa yang membaca Surat Yasin, maka Allah akan mencatat baginya seperti membaca seluruh Alquran sepuluh kali atas balasan bacaannya." (HR Tirmidzi)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement