Kamis 29 Feb 2024 18:06 WIB

Ingin Segera Keluar dari Masalah? Baca Doa Ini Sesudah Baca Surat Yasin

Waktu setelah baca surat Yasin termasuk waktu mustajab berdoa

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa. Waktu setelah baca surat Yasin termasuk waktu mustajab berdoa
Foto: Republika/Wihdan
Ilustrasi berdoa. Waktu setelah baca surat Yasin termasuk waktu mustajab berdoa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Setelah membaca Surat Yasin, hendaknya disertai dengan membaca doa, walaupun memang belum ditemukan terkait apakah terdapat doa khusus yang diucapkan Rasulullah SAW setelah membaca Surat Yasin.

Meski demikian, para ulama menyatakan bahwa mengucapkan doa setelah membaca Alquran adalah momen yang mustajab. Salah satu ulama itu ialah Ibnu Muflih dalam kitabnya 'Al-Adab'.

Baca Juga

Sejumlah ulama juga memberitahukan doa yang dapat dibaca setelah membaca Surat Yasin. Adapun doa setelah membaca Surat Yasin, sebagai berikut:

سُبحَانَ مَنْ جَعَلَ خَزَائِنَهُ بَيْنَ الكَافِ وَالنُّوْنِ، سُبْحَانَ مَنْ إِذَا أَرَادَ شَيْئاً إِنَّمَا يَقُولُ لَهُ كُنْ فَيَكُون، يَا مُفَرِّجٌ فَرِّج، يَا مُفَرِّجٌ فَرِّج، يَا مُفَرِّجٌ فَرِّج، فَرِّج عَنَّا هُمُوْمَنَا وَغُمُومَنَا، فَرْجاً عَاجِلاً بِرَحْمَتِكَ يَا أَرحَمَ الرَّاحِمِيْن، الحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ العَالَمِين اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّم، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَحْفِظُكَ وَنَسْتَوْدِعُكَ أَدْيَانَنَا وَأَنْفُسَنَا وَأَهْلَنَا وَأَمْوَالَنَا وَأَوْلَادَنَا وَكُلَّ شَيْءٍ أَعْطَيْتَنَا، اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِي كَنَفِكَ وَأَمَانَتِكَ وَجِوَارِكَ وَعِيَاذِكَ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ مَرِيْدٍ، وَجَبَّارٍ عَنِيْد، وَذِي عَيْنٍ وَذِي بَغيٍ، وَمِنْ شَرِّ كُلِّ ذِي شَرٍّ، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْر

Latin:

Subhana man ja'ala khozaa-inahu baynal kaafi wannuu-ni, Subhaana man idzaa arooda syai-an innama yaquulu lahu kun fayakuun, ya Mufarrijun farrij, ya Mufarrijun farrij, ya Mufarrijun farrij, farrij 'anna humuu-manaa wa ghumuu-manaa, farjan 'aa-jilan birohmatika yaa arhamarroohimiin, alhamdulillaahirobbil 'aa-lamiin. Allahumma sholli 'alaa Sayyidinaa Muhammad wa aa-lihi wa shohbihi wa sallim, Allahumma inna nastah-fizhuka wa nastaw-di'uka adyaa-nana, wa anfusanaa wa ahlanaa wa amwaalanaa wa awlaadanaa wa kulla syai-in a'thoytanaa, Allahummaj'alnaa wa iyyaahu, fii kanafika wa amaanatika wa jiwaarika wa 'iyaadzika min kulli syaithoonin mariid wa jabbaarin 'aniid wa dzii 'aynin wa dzii bagh-yin wa min syarri kulli dzii syarrin, innaka 'alaa kulli syai-in qodiir.

Terjemahan:

"Mahasuci yang Menjadikan kekayaan-Nya antara Kaf dan Nun, Mahasuci Yang jika Dia berkehendak, cukup mengatakan "Jadi maka jadilah, wahai Yang Melepaskan lepaskanlah, wahai Yang Melepaskan lepaskanlah, wahai Yang Melepaskan lepaskanlah, lepaskanlah kesedihan dan kegundahan kami, kemudahan yang segera dengan rahmat-Mu wahai yang Mahapaling pemurah dari para pemurah.

Segala puji bagi Tuhan semesta Alam, Ya Allah bershalawat dan bersalamlah atas Baginda Muhammad, keuarga, dan sahabatnya, Ya Allah kami meminta perlindungan dan penjagaan atas agama, jiwa, keluarga, harta, dan anak kami, serta segala apa yang Engkau berikan kepada kami.

Jadikanlah kami dan mereka dalam pelukan-Mu dan amanat-Mu, di sisi-Mu, dan perlindungan-Mu dari setiap setan yang durhaka, kasar dan membangkang, dari kejatan sihir, dan para pengkhinat, serta dari segala yang memiliki keburukan. Sesungguhnya Engkau Mahaberkuasa atas segala sesuatu."

Keutamaan

Islam telah memberitahukan ihwal keutamaan membaca Surat Yasin. Hal ini dapat diketahui dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, yang di dalamnya Nabi Muhammad SAW bersabda:

إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ قَلْبًا وَقَلْبُ الْقُرْآنِ يس وَمَنْ قَرَأَ يس كَتَبَ اللَّهُ لَهُ بِقِرَاءَتِهَا قِرَاءَةَ الْقُرْآنِ عَشْرَ مَرَّاتٍ

"Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, dan hati Alquran adalah Surah Yasin. Siapa yang membacanya (Surat Yasin), Allah memberikan pahala sama seperti membaca Alquran sepuluh kali sebagai ganjaran karena telah membacanya." (HR  Tirmidzi)

Prof Quraish...

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement