Selasa 27 Feb 2024 23:33 WIB

Alquran Abadikan Kisah Maryam Diperintah Makan Kurma, Apa Manfaatnya untuk Ibu Hamil?

Kurma memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
(Foto: ilustrasi kurma untuk buka puasa)
Foto: Pxhere
(Foto: ilustrasi kurma untuk buka puasa)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kurma memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Disebutkan dalam Alquran bahwa Allah SWT memerintahkan Maryam untuk mengonsumsi kurma selama persalinan.

Dalam Surat Maryam ayat 25, dikatakan:

Baca Juga

وَهُزِّيْٓ اِلَيْكِ بِجِذْعِ النَّخْلَةِ تُسٰقِطْ عَلَيْكِ رُطَبًا جَنِيًّا ۖ  فَكُلِيْ وَاشْرَبِيْ وَقَرِّيْ عَيْنًا ۚفَاِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ اَحَدًاۙ فَقُوْلِيْٓ اِنِّيْ نَذَرْتُ لِلرَّحْمٰنِ صَوْمًا فَلَنْ اُكَلِّمَ الْيَوْمَ اِنْسِيًّا ۚ

"Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum dan bersenanghatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini." (QS. Maryam ayat 25-26)

Sebuah studi ilmiah baru-baru ini menunjukkan bahwa wanita yang makan kurma selama empat pekan terakhir kehamilan memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menjalani operasi sesar.

Selain itu, memberi wanita hamil zat besi yang diperlukan untuk mencegah anemia, juga membantu menghilangkan rasa lelah selama kehamilan, dan meningkatkan jumlah ASI untuk wanita menyusui.

Disebutkan juga bahwa mengonsumsi empat butir kurma memberi tubuh lebih dari 15 persen jumlah potasium, magnesium, dan kalsium yang dianjurkan untuk dikonsumsi setiap hari. Ini membantu menyeimbangkan kadar garam dalam tubuh, memastikan pertumbuhan janin yang tepat, dan memperkuat tulangnya.

Manfaat kurma memang tidak terhitung banyaknya, termasuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Karena itu, perempuan hamil perlu menaruh perhatian pada konsumsi kurma agar dapat memperoleh manfaat kesehatan kurma bagi tubuh.

Kurma mengandung persentase kandungan gula yang tinggi (sekitar 76 persen), dan memberi tubuh energi dan kalori yang tinggi, selain fosfor, kalsium, zat besi, dan vitamin yang melindungi tubuh dari pellagra.

Pellagra adalah keadaan tubuh ketika mengalami kekurangan B3. Ciri orang yang mengalaminya, adalah menderita dermatitis, diare, dan demensia. Adapun B3 merupakan vitamin untuk menjaga kesehatan sel saraf, kulit, dan saluran pencernaan. Inilah mengapa kurma menjadi asupan yang lengkap.

 

sumber : www.albayan.ae
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement