Jumat 23 Feb 2024 05:57 WIB

Alquran Sebut Langit Tercipta Hingga 7 Lapisan, Begini Penjelasan Ilmiahnya

Alquran beri isyarat tentang penciptaan langit tujuh lapis

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Langit berawan/ilustrasi. Alquran beri isyarat tentang penciptaan langit tujuh lapis
Foto: pexels
Langit berawan/ilustrasi. Alquran beri isyarat tentang penciptaan langit tujuh lapis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Alquran mengabadikan penciptaan alam semesta, termasuk tujuh langit yang berlapis-lapis. Ini tercantum dalam Surat Al Mulk ayat 1-4. Allah SWT berfirman:

تَبٰرَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُۖ وَهُوَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌۙ ۨالَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًاۗ وَهُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفُوْرُۙ الَّذِيْ خَلَقَ سَبْعَ سَمٰوٰتٍ طِبَاقًاۗ مَا تَرٰى فِيْ خَلْقِ الرَّحْمٰنِ مِنْ تَفٰوُتٍۗ فَارْجِعِ الْبَصَرَۙ هَلْ تَرٰى مِنْ فُطُوْرٍ ثُمَّ ارْجِعِ الْبَصَرَ كَرَّتَيْنِ يَنْقَلِبْ اِلَيْكَ الْبَصَرُ خَاسِئًا وَّهُوَ حَسِيْرٌ

Baca Juga

“Mahasuci Allah yang menguasai (segala) kerajaan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun. Yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Tidak akan kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih. Maka lihatlah sekali lagi, adakah kamu lihat sesuatu yang cacat? Kemudian ulangi pandangan(mu) sekali lagi (dan) sekali lagi, niscaya pandanganmu akan kembali kepadamu tanpa menemukan cacat dan ia (pandanganmu) dalam keadaan letih." (QS Al Mulk ayat 1-4)

Dr Nadiah Thayyarah dalam "Sains dalam Al-Qur'an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah", menjelaskan tafsir pada kalimat "Yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis".

Dia menguraikan, para pakar astronomi menyatakan lapisan pertama langit adalah lapisan udara yang paling bawah tempat hidup makhluk hidup. Seperti burung-burung dan makhluk-makhluk hidup lainnya. Lapisan ini terdiri dari beberapa lapis.

"Keadaan udara di lapisan ini bisa berubah-ubah dari satu kondisi ke kondisi lain, dari panas ke dingin, dari mendung ke hujan, dari angin semilir menjadi angin badai. Lokasinya pun bisa berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain, dari dataran rendah ke dataran tinggi," tuturnya.

Dalam Surat lain, Allah berfirman:

رَبُّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا فَاعْبُدْهُ وَاصْطَبِرْ لِعِبَادَتِهٖۗ هَلْ تَعْلَمُ لَهٗ سَمِيًّا ࣖ

"(Dialah) Tuhan (yang menguasai) langit dan bumi dan segala yang ada di antara keduanya, maka sembahlah Dia dan berteguhhatilah dalam beribadah kepada-Nya. Apakah engkau mengetahui ada sesuatu yang sama dengan-Nya?" (QS Maryam ayat 65)

Merujuk pada ayat tersebut, Nadiah memaparkan, beragam studi astronomis menyepakati bahwa alam semesta dipenuhi oleh materi dan energi.

Karena penciptaan..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement