Ahad 11 Feb 2024 16:33 WIB

Berapa Sebenarnya Jumlah Rakaat Sholat Tahajud?

Sholat tahajud ini memiliki keutamaan yang luar biasa.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Sholat tahajud/ilustrasi

Namun demikian, jumlah rakaat yang paling utama dan paling kuat adalah 11 rakaat. Jumlah tersebut juga sudah termasuk tiga rakaat sholat witir.

Pelaksanaannya, dapat 4+4+3 (4 sholat tahajud + 4 sholat tahajud + 3 rakaat sholat witir). Dapat juga 2+2+2+2 (sholat tahajud) + tiga rakaat sholat witir yang dilaksanakan 2+1 rakaat atau tiga rakaat sekaligus. Pendapat tersebut didasarkan pada hadits dari Aisyah RA bahwa ia berkata:

"Rasulullah tidak pernah menambah sholat malam itu, baik ketika bulan Ramadhan atau bulan lainnya dari sebelas rakaat. Beliau sholat empat rakaat. Jangan tanya tentang baik dan panjangnya. Kemudian, sholat lagi empat rakaat, jangan tanya baik dan panjangnya. Kemudian, sholat witir tiga rakaat. Saya bertanya, 'Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum witir? Beliau menjawab, “ya Aisyah. Walau kedua mataku tidur, namun hatiku tidak tidur,” (HR bukhari Muslim)

"Dari lbnu Umar, ia berkata, 'Nabi Muhammad SAW mengerjakan sholat malam dua rakaat-dua rakaat dan sholat witir satu rakaat." (HR. Bukhari Muslim)

Niat dan doa setelah sholat tahajud...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement