Jumat 09 Feb 2024 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Kepemimpinan dalam Islam dan Pemilihan Pemimpin

Rasulullah menegaskan pemimpin harus dipilih dari kalangan terbaik di antara umat.

Petugas membawa kotak suara dengan pengawalan anggota polisi saat simulasi Pemilu 2024 di Polres Kediri Kota, Kota Kediri, Jawa Timur, Sabtu (27/1/2024). Polres Kediri Kota bersama Komisi Pemilihan Umum, Bawaslu, dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menyelenggarakan simulasi pemungutan suara sebagai upaya mengenali alur pengamanan Pemilu 2024.
Foto:

Hadirin yang dirahmati Allah,

Sebagai umat Islam, kita dituntut untuk menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab dalam memilih pemimpin. Pemilihan pemimpin bukanlah sekadar hak, tetapi juga amanah yang harus dipikul dengan sebaik-baiknya.

Seorang pemimpin yang efektif perlu menunjukkan integritas yang kuat serta memiliki keterampilan kepemimpinan dan manajemen yang kompeten. Beberapa sifat yang dianggap penting dalam seorang pemimpin yang ideal termasuk kejujuran, keandalan, tanggung jawab, kecerdasan, kemampuan manajerial yang baik, serta kepedulian terhadap kepentingan masyarakat. Sama seperti sifat Rasulullah yaitu shidiq, tabligh, amanah, dan fathanah.

Kita harus memilih pemimpin yang mempunyai integritas, kejujuran, dan kompetensi dalam memimpin. Kita harus menghindari memilih pemimpin berdasarkan kesetiaan pribadi, suku, atau golongan semata, tetapi berdasarkan kualifikasi dan program kerja yang jelas untuk kesejahteraan bersama.

Hadirin yang dirahmati Allah,

Saat ini, negara kita akan segera menggelar Pemilihan Umum pada tanggal 14 Februari 2024. Inilah saatnya bagi kita untuk turut serta dalam proses demokrasi, untuk memilih pemimpin yang akan menjadi amanah bagi kita semua.

Terdapat beberapa 5 Surat Suara dalam Pemilu Serentak 2024. Pemilih mendapat surat suara Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

Mari kita jadikan Pemilu ini sebagai momentum untuk menunjukkan komitmen kita dalam menjaga keutuhan negara, kedamaian, dan kesejahteraan bersama. Mari kita sukseskan Pemilu dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menggunakan hak pilih kita dengan bijak.

Selanjutnya...

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-kepemimpinan-dalam-islam-dan-pemilihan-pemimpin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement