Ahad 04 Feb 2024 07:06 WIB

3 Doa yang Dibaca Nabi Muhammad Saat Mengalami Kesulitan

Doa ini bisa diucapkan oleh seorang Muslim supaay masalah segera selesai.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Seorang wanita Muslim berdoa di Masjid Dome of the Rock pada hari yang dingin dan hujan di kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat (6/1/2023).
Foto: AP/Mahmoud Illean
Seorang wanita Muslim berdoa di Masjid Dome of the Rock pada hari yang dingin dan hujan di kompleks Masjid Al-Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Jumat (6/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ulama Imam Nawawi menjabarkan beberapa doa yang bisa diucapkan oleh seorang Muslim saat sedang mengalami kesusahan atau permasalahan. Doa ini pulalah yang dibaca oleh Nabi SAW saat beliau ada dalam kesulitan.

Imam Nawawi menyebutkan doa-doa tersebut di dalam kitab karyanya berjudul al-Adzkaar. Berikut ini tiga doa khusus agar masalah yang dihadapi dapat terselesaikan.

Baca Juga

1. Doa yang Diriwayatkan dari Ibnu Abbas RA

Pertama, dalam riwayat Ibnu Abbas RA, dia berkata, "Sesungguhnya Rasulullah SAW saat dalam kesulitan membaca:

اَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيمُ الْحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الْأَرْضِ رَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيمِ

 

Laa ilaaha illallaahul 'adzhiimul haliim, laa ilaaha illallaahu robbul 'arsyil 'adzhiim, laa ilaaha illallaahu robbus samaawaati wa robbul ardhi robbul 'arsyil kariim

Terjemahan:

Tiada Tuhan selain Allah Yang Mahabesar lagi Maha Penyantun. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Pemelihara arasy yang agung. Tiada Tuhan selain Allah, Tuhan Pemelihara langit dan Tuhan Pemelihara bumi, yaitu Tuhan Pemelihara arasy.

Pada riwayat Muslim disebutkan, "Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW jika dihadapkan suatu perkara yang penting (atau perkara yang menyulitkan), beliau SAW mengucapkan bacaan tersebut." (HR Bukhari dan Muslim)

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement