Rabu 07 Feb 2024 00:07 WIB

Lakukan Ini ke Orang Tua, Bisa Datangkan Rezeki Melimpah

Nabi Muhammad SAW bersabda, ada tiga doa yang mustajab.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Petani memanen jagung di persawahan Desa Ngadirejo, Temanggung, Jawa Tengah,  Rabu (24/1/2024).
Foto:

Allah SWT berfirman:

وَاِذْ اَخَذْنَا مِيْثَاقَ بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ لَا تَعْبُدُوْنَ اِلَّا اللّٰهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَقُوْلُوْا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَّاَقِيْمُوا الصَّلٰوةَ وَاٰتُوا الزَّكٰوةَۗ  ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ اِلَّا قَلِيْلًا مِّنْكُمْ وَاَنْتُمْ مُّعْرِضُوْنَ

"(Ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari Bani Israil, “Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuatbaiklah kepada kedua orang tua, kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin. Selain itu, bertutur katalah yang baik kepada manusia, laksanakanlah sholat, dan tunaikanlah zakat.” Akan tetapi, kamu berpaling (mengingkarinya), kecuali sebagian kecil darimu, dan kamu (masih menjadi) pembangkang." (QS. Al Baqarah Ayat 83)

Nabi Muhammad SAW juga bersabda, "Ridha Allah itu datangnya dari ridha orang tua. Dan murka Allah SWT itu dari murka orang tua." (HR. Tirmidzi)

Meski demikian, meminta doa saja kepada orang tua tidaklah cukup. Dalam Islam, seorang anak itu wajib menghormati orang tua, berbaik baik kepadanya, dan berusaha untuk membahagiakan orang tua.

Dalam riwayat Anas bin Malik, sebagaimana tercantum dalam Shahih Ibnu Hibban, Nabi Muhammad SAW pernah ditanya soal amalan yang paling dicintai Allah SWT. Lalu beliau SAW menjawab, "Sholat tepat waktu." Kemudian beliau SAW ditanya kembali, "Lalu apa lagi?" Beliau SAW bersabda, "Berbakti kepada orang tua (birrul waa lidayn)." (HR Ibnu Hibban)

Adapun dalam hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, seperti tercantum dalam Shahih Al-Jami', disebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

- من سرَّه أن يُعظِمَ اللهُ رزقَه ، و أن يُمِدَّ في أجَلِه ، فلْيَصِلْ رَحِمَه

"Siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka jagalah ikatan tali silaturahim (dengan kerabat keluarga)."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement