Selasa 06 Feb 2024 15:54 WIB

Doa yang Dibaca Nabi Ibrahim, Nabi Isa dan Nabi Khidir

Tiga doa Nabi dituliskan oleh Imam Al Ghazali.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Berdoa (ilustrasi)
Foto: Republika
Berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ulama bergelar Hujjatul Islam Zainuddin al-Thusi yang dikenal sebagai Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menuliskan tiga doa Nabi. Di antaranya doa yang dibaca Nabi Ibrahim Alaihissalam, Nabi Isa Alaihissalam dan Nabi Khidir Alaihissalam.

Nabi Ibrahim Alaihissalam bergelar Khalilullah artinya kekasih Allah atau kesayangan Allah. Nabi Ibrahim berdoa dengan doa seperti ini. 

Baca Juga

"Ya Allah, sesungguhnya ini adalah kejadian baru, maka bukakanlah ia untukku atas dasar ketaatanku kepada- Mu, dan akhirilah ia dengan ampunan-Mu serta ridha-Mu. Berikanlah kepadaku rezeki untuk dapat masuk ke dalamnya dan menerima aku di dalamnya. Sucikan dan lipatgandakan semua itu bagiku. Ampunilah aku karena kejahatan yang telah aku lakukan di dalamnya. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun, Maha Pengasih, Maha Penyayang lagi Maha Mulia."

Nabi Isa Alaihissalam putra Maryam bergelar al-Masih. Nabi Isa memiliki mukjizat-mukjizat dari Allah SWT yang luar biasa, satu di antaranya adalah kelahirannya yang tanpa ayah. Ini doa yang dibaca Nabi Isa Alaihissalam.

"Ya Allah, demi waktu fajar, aku tidak sanggup menolak apa yang tidak aku sukai, aku tidak mampu mendapatkan manfaat dari apa yang aku sukai. Segala urusan berada di tangan-Mu, akan tetapi aku bangun dini hari dan tergadai oleh amalanku. Ya Allah, tidak ada yang lebih miskin dan sangat membutuhkan daripada aku. Ya Allah, jangan biarkan musuhku gembira terhadapku, jangan biarkan temanku memandang buruk kepadaku. Janganlah persulit urusan agamaku, janganlah membesarkan cita-cita duniawiku, dan janganlah mempercayakan aku kepada orang-orang yang tidak memperlihatkan kebaikan kepadaku, wahai Yang Maha Hidup, wahai Yang Maha Berdiri Sendiri."

Nabi Khidir Alaihissalam seorang Nabi yang diutus Allah SWT. Kisah Nabi Musa Alaihissalam bertemu Nabi Khidir Alaihissalam diabadikan dalam Alquran. Inilah doa yang dibaca nabi Khidir Alaihissalam.

"Dengan nama Allah, dengan kehendak dan iradat Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali milik Allah, serta apa yang dikehendaki-Nya. Setiap nikmat berasal dari sisi Allah, juga atas apa yang dikehendaki-Nya. Segala kebaikan berada di tangan-Nya, serta apa yang dikehendaki-Nya. Tiada sesuatu pun selain Allah yang sanggup menyingkirkan kejahatan."

Demikian doa yang dipanjatkan tidak Nabi yang diutus Allah SWT. Doa tersebut ditulisakan dalam kitab Ihya Ulumuddin karya Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ahmad al-Ghazali atau Imam Al Ghazali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement