Kamis 01 Feb 2024 15:25 WIB

Mau Doa Senantiasa Dikabulkan Allah? Tiru Amalan Sahabat Nabi Ini

Salah satu sahabat Nabi yang doanya selalu mustajab adalah Saad bin Abi Waqash.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Sahabat Rasul
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Sahabat Rasul

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Banyak faktor yang membuat doa-doa seorang hamba belum diijabah oleh Allah SWT. Maka ketika seorang Muslim berkeinginan doanya terijabah, maka lakukanlah amalan yang dilakukan oleh orang-orang sholeh yang doanya kerap mustajab.

Salah satu sahabat Nabi yang doanya selalu mustajab adalah Saad bin Abi Waqash. Dalam buku Siyar A'lamin Nubala disebutkan mengenai keimanan serta kehati-hatian Saad bin Abi Waqash.

Baca Juga

Sahabat Nabi ini memiliki sifat paling hati-hati dari setiap makanan yang akan ia konsumsi. Beliau tak segan menolak makanan yang tak jelas asal-muasalnya.

BACA JUGA: Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab, Latin, dan Terjemahan

 

Sebagaimana diketahui, makanan yang boleh dimakan oleh umat Muslim adalah makanan yang halalan tayyiban. Halal itu diukur dari nilai gizi, cara mendapatkannya, hingga bagaimana cara menyajikan makanan hingga disantap. Siapa sangka, memperbaiki menu makan dalam aktivitas sehari-hari bakal membuat setiap doa diijabah oleh Allah? Inilah amalan yang selalu konsisten dilakukan Saad bin Abi Waqash.

Dalam buku La Tahzan karya Syekh Aidh al-Qarni disebutkan, keakuratan doa yang dipanjatkan Saad selalu terjadi. Doa tersebut bahkan dapat terijabah sebelum tangan beliau diturunkan selesai mengucap doa.

Diceritakan, ketika ada seseorang yang menghina Sayyidina Ali bin Abi Thalib di hadapannya, beliau membela Sayyidina Ali. Namun tetap saja orang tersebut mencemooh dengan semena-mena yang pada akhirnya membuat Saad berkata lantas berdoa, "Ya Allah, cukupkanlah aku darinya menurut kehendak-Mu."

Usai mengucapkan itu, tiba-tiba seekor...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement