Selasa 30 Jan 2024 23:10 WIB

Begini Isyarat Alquran tentang Sumber Protein yang Dibuktikan Sains Modern

Alquran isyaratkan sumber protein untuk manusia.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Makanan mengandung protein (ilustrasi). Protein makronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi. Ada beberapa tanda tubuh Anda kekurangan protein.
Foto:

Begitu pun dalam ayat 66 pada surat yang sama, Allah SWT berfirman:

وَاِنَّ لَكُمْ فِى الْاَنْعَامِ لَعِبْرَةً نُسْقِيْكُمْ مِّمَّا فِيْ بُطُوْنِهٖ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَّدَمٍ لَّبَنًا خَالِصًا سَاۤىِٕغًا لِّلشّٰرِبِيْنَ 

"Dan sungguh, pada hewan ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya (berupa) susu murni antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya." (QS an-Nahl ayat 66). Adapun dalam surat Al Mu'minun ayat 21, Allah SWT berfirman:

وَاِنَّ لَكُمْ فِى الْاَنْعَامِ لَعِبْرَةً نُسْقِيْكُمْ مِّمَّا فِيْ بُطُوْنِهَا وَلَكُمْ فِيْهَا مَنَافِعُ كَثِيْرَةٌ وَّمِنْهَا تَأْكُلُوْنَ

"Dan sesungguhnya pada hewan-hewan ternak terdapat suatu pelajaran bagimu. Kami memberi minum kamu dari (air susu) yang ada dalam perutnya, dan padanya juga terdapat banyak manfaat untukmu, dan sebagian darinya kamu makan." (QS al-Mu'minun ayat 21)

Nadiah menjelaskan, pentingnya protein selaras dengan hikmah penyebutan hewan-hewan di sejumlah ayat suci Alquran. Dalam konteks protein, ini merupakan elemen penting bersama hormon, enzim, dan ragi dalam proses pencernaan makanan, aktivitas kelenjar, kadar hemoglobin darah, dan perkembangan jaringan sel baru secara berkelanjutan.

Tidak hanya itu, protein juga membantu memberikan perlindungan tubuh dari infeksi, perlindungan dari bakteri dan racun berupa peningkatan jumlah antibodi, menjaga kualitas sirkulasi darah, pembekuan darah dalam keadaan tertentu berupa pembentukan protein pembeku darah dan protein anti-pembekuan darah.

Karena itu, Nadiah memaparkan, orang-orang yang mengalami kekurangan protein, terutama protein hewani, berisiko terkena infeksi karena rendahnya daya tahan seiring pertumbuhan yang tak kenal henti. Akibat lainnya adalah pembengkakan anggota tubuh dan kelopak mata.

Baca juga: Ingin Segala Urusan Dipermudah Allah SWT? Baca Doa dari Alquran Berikut Ini

Pada protein hewani, daging ikan memiliki kandungan protein yang istimewa jika dibandingkan dengan protein yang bersumber dari hewan-hewan lainnya. Daging ikan lebih mudah dicerna dan mengandung kandungan fosfor yang tinggi, yakni sekitar 250 miligram per 100 gram daging yang berguna bagi perkembangan sel otak. Daging ikan pun berguna bagi pertumbuhan badan karena mengandung kadar yodium yang cukup untuk pembentukan hormon tiroksin penunjang metabolisme.

Bahkan, minyak ikan mampu mengurangi kadar lemak dalam darah, mencegah penurunan kadar trombosit pada dinding pembuluh darah yang dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Minyak ikan juga sangat berguna untuk mengobati tekanan darah tinggi secara efektif. 

 

photo
Ikan sarden mengandung protein yang lengkap serta mineral dan kalsium yang membantu pembentukan tulang pada janin. - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement