Selasa 30 Jan 2024 18:04 WIB

Dilanda Kesedihan Akibat Orang Terdekat Meninggal Dunia? Baca Dzikir dan Doa Ini

Dzikir dan doa membantu meringankan kesedihan akibat musibah

Rep: Mabruroh / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi keluarga terdekat meninggal. Dzikir dan doa membantu meringankan kesedihan akibat musibah
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi keluarga terdekat meninggal. Dzikir dan doa membantu meringankan kesedihan akibat musibah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kematian merupakan rahasia dan ketetapan Allah SWT, dan tidak ada seorang pun yang dapat mengganggu gugat.

Apabila telah habis waktunya, siapa pun akan menjumpai ajalnya, tidak memandang tua, muda, sehat, atau sakit-sakitan.

Baca Juga

Karena bisa jadi, seseorang yang memiliki sakit menahun, kerap bolak balik ke rumah sakit, tetapi ajalnya belum tiba. Sedangkan mereka yang sehat, yang datang menjenguk, atau yang kemarin bertemu dan mengobrol, namun tiba-tiba esoknya telah tiada.

Apalagi jika mereka yang meninggal adalah orang terdekat kita, orang yang paling kita kasihi. Maka kepergian mereka menjadi satu hal yang paling kita takutkan.

Kehilangan orang yang kita cintai membuat kita sedih dan terluka, bahkan terpuruk begitu lama.

Kepergian orang terkasih inilah yang kadang membuat kita lupa, bahwa sejatinya setiap nyawa manusia akan kembali kepada pencipta-Nya.

Dikutip dari buku The Great Figure if Utsman bin Affan, karya Shohibul Ulum, disebutkan, ada dua cara yang bisa dilakukan seorang Muslim agar tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Pertama, yakin bahwa Allah SWT selalu bersama kita. Allah SWT tak pernah jauh dari kita. Allah SWT dekat dengan hamba-Nya yang beriman dan ikhlas menerima keadaan.

Jika kita sadar bahwa Allah SWT bersama kita, lantas apa yang perlu kita takutkan? Apa yang membuat kita sedih. Allah Mahakuasa, Allah Mahapenyayang, Allah Mahamengetahui apa yang terbaik bagi hamba-Nya.

Saat kesedihan terus menimpa kita, mungkin kita lupa atau hilang kesadaran bahwa Allah SWT bersama kita. Untuk itulah kita diperintahkan untuk terus mengingat Allah SWT.

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

" (yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."  (QS ar-Ra'd ayat 28)

Baca juga: Ingin Segala Urusan Dipermudah Allah SWT? Baca Doa dari Alquran Berikut Ini

Dari ayat ini, kita sudah mengetahui cara menghilangkan kesedihan, kecemasan, dan ketakutan, yaitu bi dzikrillah, dengan berdzikir memuji Allah SWT .

Tak ada jalan lain selain itu. Hanya mengingat-Nya hati kita menjadi tenang, karena segalanya, hakikatnya adalah milik Allah SWT.

Dzikir yang bisa dilakukan antara lain:

Istighfar...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement