Jumat 26 Jan 2024 05:23 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Mengenal Pemuda Islam

Alquran menyebut terdapat empat kualitas khas yang dimiliki seorang pemuda.

 Seorang peserta menghafal ayat-ayat Alquran pada kegiatan
Foto:

Hadits lainnya dari Jabir bin Abdullah, Rasul bersabda:

أيما شاب تزوج في حداثة سنه ألا عج شيطانه يا ويله يا ويله عصم مني دينه

“Apabila seorang pemuda menikah pada usia muda, setan akan berteriak, celaka aku, agamanya telah terjaga dari godaan-ku.” (al-Mu’jam al-Ausat} karya al-Tabrani).

Pada keterangan-keterangan tersebut, kita dapat melihat sekalipun pemuda memiliki karakteristik yang sangat cemerlang, akan tetapi, pemuda juga memiliki tantangan untuk bisa mengontrol dirinya. Salah satu yang paling ditekankan ialah dorongan hawa nafsunya yang begitu besar.

Maka pemuda harus bisa menjaga dirinya, dari perbuatan-perbuatan yang dapat menjerumuskannya pada lubang kesengsaraan. Kemaksiatan dan jauh daripada petunjuk-petunjuk Allah menjadi pangkal dari munculnya pemuda-pemuda yang jauh dari nilai agama.

Sebagaimana nasihat Nabi Muhamad saw kepada Ibn Abbas untuk memanfaatkan dan mempergunakan masa mudanya, sebelum datang masa tua, syabaka qabla haramika. Hal ini turut menunjukkan pentingnya masa muda untuk di maksimalkan sebaik mungkin, sebab terdapat empat kualitas yang akan berkurang seturut dengan datangnya masa tua.

Keempat kualitas tersebut dapat kita rujuk pada karakter-karater pemuda sebagaimana yang telah disebutkan dalam Alquran sebelumnya. Berdasarkan ayat-ayat tersebut, terdapat empat kualitas khas yang dimiliki seorang pemuda, antara lain: (1) Gairah dan kharisma yang begitu segar; (2) Semangat dan daya juang yang masih bergelora; (3) Keteguhan memegang prinsip, kemudian; (4) Kecerdasan dan daya kritis yang tajam.

Selanjutnya...

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-pemuda-islam
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement