Rabu 24 Jan 2024 13:56 WIB

Alquran Jabarkan Mengapa Benda Langit tak Mungkin Keluar dari Orbit

Alam semesta memiliki ciri khasnya sendiri.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Planet raksasa cenderung menggeser planet-planet kecil dari orbit mereka dan mengganggu iklimnya.
Foto:

"Mereka masih meraba-raba dalam upaya untuk mengerti sebab-akibat pergerakan benda-benda angkasa, sistemnya, dan kecepatannya," ujarnya.

Allah SWT berfirman:

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ بِالْحَقِّۚ يُكَوِّرُ الَّيْلَ عَلَى النَّهَارِ وَيُكَوِّرُ النَّهَارَ عَلَى الَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَۗ كُلٌّ يَّجْرِيْ لِاَجَلٍ مُّسَمًّىۗ اَلَا هُوَ الْعَزِيْزُ الْغَفَّارُ

"Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia memasukkan malam atas siang dan memasukkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah! Dialah Yang Mahamulia, Maha Pengampun." (QS. Az-Zumar ayat 5)

Begitu pun dalam Surat Fathir ayat 41:

۞ اِنَّ اللّٰهَ يُمْسِكُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ اَنْ تَزُوْلَا ەۚ وَلَىِٕنْ زَالَتَآ اِنْ اَمْسَكَهُمَا مِنْ اَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِهٖ ۗاِنَّهٗ كَانَ حَلِيْمًا غَفُوْرًا

"Sungguh, Allah yang menahan langit dan bumi agar tidak lenyap; dan jika keduanya akan lenyap tidak ada seorang pun yang mampu menahannya selain Allah. Sungguh, Dia Maha Penyantun, Maha Pengampun." (QS. Fathir ayat 41)

Nadiah menjelaskan, ayat-ayat tersebut menunjukkan adanya revolusi benda-benda angkasa, yang mengandung makna bahwa tidak mungkin akan terjadi benturan antara matahari baik dengan bulan maupun dengan planet-planet.

Karena Allah telah menahan langit, bumi, dan semua benda yang ada di antara keduanya agar tidak bergeser dari orbitnya. Ini adalah salah satu kemukjizatan terbesar dalam ilmu astronomi.

"Setiap planet di angkasa tunduk pada suatu orbit statis. Ia bergerak pada orbit itu dan tidak pernah melenceng darinya, kemudian kembali ke tempatnya semula yang menjadi asal pergerakannya. Inilah yang mencegah planet-planet dari benturan dengan sesamanya," jabarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement