Senin 22 Jan 2024 12:17 WIB

Dzikir yang Paling Disukai Allah, Baca 100 Kali Sehari

Dzikir adalah tindakan mengingat dan menyebut nama-nama Allah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Berdzikir. Ilustrasi
Foto:

Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda,

كَلِمَتانِ خَفِيفَتانِ علَى اللِّسانِ، ثَقِيلَتانِ في المِيزانِ، حَبِيبَتانِ إلى الرَّحْمَنِ، سُبْحانَ اللَّهِ وبِحَمْدِهِ، سُبْحانَ اللَّهِ العَظِيمِ

“Dua kalimat ringan di lisan, berat di timbangan, dan disukai Ar-Rahman (Allah SWT), yakni Subhanallahil Adzim (Mahasuci Allah Yang Mahaagung) dan subhanallah wa Bihamdih (Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya).  (HR Bukhari).

Hadis di atas diperkuat oleh ucapan Abu Dzar, ia berkata, “Rasulullah SAW pernah mengajukan pertanyaan kepadaku, ‘Hai Abu Dzar, maukah engkau kuberitahukan tentang ucapan yang disenangi Allah?’ Aku menjawab, ‘Ya, aku mau, ya Rasulullah. Beritahukanlah padaku tentang ucapan yang paling disenangi Allah’. Beliau SAW lalu bersabda, ‘Sesungguhnya ucapan yang paling disukai Allah adalah Subhanallah wa bihamdih’.” (HR Muslim).

Meskipun pendek, ucapan Subhanallah wa Bihamdi ini memiliki banyak keutamaan. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa membaca Subhanallah wa Bihamdih sehari 100 kali, maka kesalahan-kesalahannya akan diampuni kendati sebanyak buih dilautan.” (HR Bukhari).

Ibnu Umar ra juga meriwayatkan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement