Jumat 19 Jan 2024 08:01 WIB

Sering Mengalami Kesulitan dalam Setiap Urusan? Baca Doa Ini

Doa menenangkan hati setiap orang.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika seorang Muslim kerap mengalami kesulitan atau menemui rintangan dalam menjalani setiap urusan, maka sesungguhnya ia membutuhkan keselamatan dan petunjuk dari Allah. Maka sebaiknya ia berdoa. 

Dalam buku Kumpulan Doa Doa terbitan Kementerian Agama disebutkan sejumlah bacaan doa harian. Salah satunya adalah doa memohon diberi kemudahan dalam setiap urusan. Doa ini bersumber dari Alquran Surat Al Kahfi penggalan ayat 10.

Baca Juga

Berikut lafaznya: 

رَبَّنَآ ءَاتِنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

 

"Robbana aatina min ladunka rahmatan wa hayyi' lana min amrina rosyada."

Yang artinya, "Ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami ini."

Allah SWT tidak hanya menciptakan makhluk, tetapi juga mengatur seluruh makhluk. Maka ketika seseorang dilanda musibah namun ia justru bersegera untuk berdoa dan berzikir, maka dampaknya secara psikologis sangat luar biasa.  

Musibah dan ujian yang diterima manusia tak lepas dari kuasa Allah. Dalam hal ini, Allah berfirman dalam Alquran Surat At Taghabun ayat 11:

مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ يَهْدِ قَلْبَهٗ ۗوَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

"Mā aṣāba mim muṣībatin illā bi'iżnillāh(i), wa may yu'mim billāhi yahdi qalbah(ū), wallāhu bikulli syai'in ‘alīm(un)."

Yang artinya, "Tidak ada suatu musibah pun yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah. Siapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."

Maka sepanjang seseorang berzikir penuh keyakinan dan kesungguhan harapan kepada Allah, maka Allah akan menurunkan ketenangan pula. Di sisi lain, umat Islam juga harus tetap berprasangka baik kepada Allah diiringi dengan kesabaran yang luas.

Kaitan dengan Ashabul Kahfi

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement