Ahad 14 Jan 2024 12:52 WIB

Memahami Keagungan Ayat Kursi

Ayat kursi salah satu bacaan yang tidak asing di telinga umat Islam Indonesia.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: AP/K.M. Chaudary
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ayat kursi salah satu bacaan yang tidak asing di telinga umat Islam Indonesia. Ayat ini biasa dibaca dalam momen tahlil.

Ayat kursi juga dijadikan amalan untuk hajat tertentu. Berikut bunyinya.

Baca Juga

BACA JUGA: Surat At Talaq Ayat 2: Ayat Alquran Kunci Mengatasi Masalah Hidup

Bacaan Ayat Kursi

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

 

Allāhu lā ilāha illā huw(a), al-ḥayyul-qayyūm(u), lā ta'khużuhū sinatuw wa lā naum(un), lahū mā fis-samāwāti wa mā fil-arḍ(i), man żal-lażī yasyfa‘u ‘indahū illā bi'iżnih(ī), ya‘lamu mā baina aidīhim wa mā khalfahum, wa lā yuḥīṭūna bisyai'im min ‘ilmihī illā bimā syā'(a), wasi‘a kursiyyuhus-samāwāti wal-arḍ(a), wa lā ya'ūduhū ḥifẓuhumā, wa huwal-‘aliyyul-‘aẓīm(u).

Artinya: "Allah, tidak ada tuhan selain Dia, Yang Maha Hidup lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak dilanda oleh kantuk dan tidak (pula) oleh tidur. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka. Mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu-Nya, kecuali apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya (ilmu dan kekuasaan-Nya) meliputi langit dan bumi. Dia tidak merasa berat memelihara keduanya. Dialah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."

Apa keistimewaan Ayat Kursi?

M. Quraish Shihab dalam bukunya Yasin dan Tahlil mengatakan Ayat Kursi dipandang sebagai ayat teragung di dalam Alquran. Itu sebabnya ayat ini sampai disebut sebanyak 17 kali di dalam Alquran.

Ayat ini memberikan informasi tentang...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement