Ahad 14 Jan 2024 11:17 WIB

6 Doa yang Lapangkan Rezeki dan Dekatkan Diri dengan Allah

Doa merupakan wasilah seorang Muslim mendapatkan rezeki.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi Berdoa.
Foto: Pixabay
Ilustrasi Berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Allah mengimbau setiap hamba untuk selalu optimistis menghadapi kehidupan, termasuk dalam hal mendapatkan rezeki.

Salah satu bentuk optimisme kita bahwa Allah pasti akan melimpahkan rezeki kepada kita adalah dengan memperbanyak usaha dan doa. Berikut ini adalah lima doa terbaik yang akan melapangkan rezeki bila sering dibaca setiap hari.

Baca Juga

Doa-doa tersebut sudah pernah diamalkan para ulama dan orang shaleh yang memang memfokuskan diri untuk dekat dengan Allah. Mereka berusaha, melaksanakan puasa, berzikir, bertirakat, yang di dalam itu semua, mereka juga membaca doa-doa berikut ini, doa yang memudahkan dan melapangkan rezeki.

Doa Pertama Istighfar

Memohon ampunan atau istighfar merupakan cara kita berdekatan dengan Allah. Kita mengingat kembali dosa yang diperbuat. Kemudian memohon ampunan kepada-Nya secara terus-menerus. Dengan begitu Allah akan memberikan ampunan. Juga melapangkan rezeki. Lafazh istighfar adalah sebagai berikut 

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ ، وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

“Astaghfirullôhal ‘adzîm alladzî lâ ilâha illâ huwal hayyul qoyyûm wa atûbu ilaihi”.

(Aku memohon ampunan kepada Allah yang Mahaagung. Tidak ada sesembahan yang berhak disembah melainkan Dia Yang Mahahidup dan Maha berdiri sendiri). 

Doa Kedua

يا رب في هذا الفجر ارزقني ما أريد وما أحتاج إليه فلا أحد يعرف ما بداخلي سواك، اللهم بدل حزني فرحًا، وهمومي سعادة، وضيقي فرجًا، وارزقني يومًا أفضل من أمسي.

ya rabi fi hadza alfajr arzuqni ma 'urid wama 'ahtaj 'iilayh fala ahad ya'rif ma bidakhili sawak, allahuma badal huzni farhan, wahumumi sa'idatun, wadiqay farjan, warzuqni yawman afdal min 'amsi.

Artinya: "Ya Tuhan, di waktu fajar ini, berilah aku apa yang kuinginkan dan apa yang kubutuhkan, karena tidak ada seorang pun yang tahu apa yang ada di dalam diriku kecuali Engkau. Ya Tuhan, gantikan kesedihanku dengan kegembiraan, kekhawatiranku dengan kebahagiaan, dan kesusahanku dengan kelegaan, dan berikanlah bagiku sehari lebih baik dari kemarin."

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement