Jumat 12 Jan 2024 11:08 WIB

Baca Doa Ini Agar Allah SWT Jauhkan dari Kesulitan Hidup yang Bertubi-tubi

Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman

Rep: Muhyiddin / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa. Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman
Foto: Antara/Jessica Helena Wuysang
Ilustrasi berdoa. Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap manusia pasti pernah mengalami cobaan. Agar terbebas dari kesulitan hidup, umat Islam pun dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Karena, Allah SWT tidak akan menolak orang-orang yang menengadahkan kedua tangannya.  

Imam Al-Tirmidzi meriwayatkan sebuah hadits bahwa “Allah akan malu, apabila ada seorang hamba yang menengadahkan kedua tangannya, lalu menolaknya dalam keadaan hampa dan sia-sia.”

Baca Juga

Sudah selayaknya seorang hamba meluangkan waktunya untuk menemui Allah, meraih kedermawanan-Nya. Dalam hadits lain, At-Tirmidzi juga meriwayatkan bahwa “Allah akan marah jika hamba-Nya tidak mau berdoa kepada-Nya.” Sebab, orang yang tidak mau berdoa adalah orang yang sombong dan tidak tahu diri. Berikut salah satu doa yang bisa diamalkan agar terbebas dari kesulitan hidup: 

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَاا اسْتَطَعْتُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي، فَإإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّمَا صَنَعْتُ

Allahumma anta Rabbi, La Ilaha illa anta, Khalaqtani wa ana abduka, wa ana ‘ala ahdika wa wa’dika, mas tatha’tu, audzu bika min syarri ma shana’tu, abu’u laka bini'matika wa abu’u laka bi dzanbi, faghfir li, fainnahu la yaghfirudz dzunuba illa anta. A'udzubika min syarrima shana'tu. 

Artinya: "Ya Allah, Engkaulah Pemeliharaku. Tiada sesembahan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Dan aku berada pada kesepakatan dan perjanjian dengan-Mu, semampuku. Aku berlindung kepada Engkau dari keburukan yang aku perbuat. Aku bertobat kepada-Mu dengan karunia-Mu dan aku bertobat kepada-Mu dengan dosaku. Maka, ampunilah aku karena tiada yang mampu mengampuni dosa kecuali Engkau. Aku berlindung dari keburukan yang aku perbuat." (Shahih Bukhari) 

Doa Allahumma anta Rabbi di atas juga dikenal sebagai Sayyidul Istighfar atau rajanya istighfar. Dengan membaca doa istighfar ini, Allah akan memberikan kelapangan dan jalan keluar atas setiap kegundahan dan masalah yang kita alami.  

Anjuran berdoa...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement