Jumat 12 Jan 2024 01:05 WIB

Surat At Talaq Ayat 2: Ayat Alquran Kunci Mengatasi Masalah Hidup

Kunci pertama dalam mendatangkan rezeki adalah ketakwaan kepada Allah SWT.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Taqwa / takwa (ilustrasi)
Foto:

Seorang karyawan yang bertakwa kepada Allah SWT, maka dia akan dicukupkan Allah ihwal penghasilannya. Ketakwaan sejatinya adalah perintah Allah kepada orang-orang zaman dahulu dan perintah setiap Rasul kepada umatnya untuk bertakwa.

Di dalam ketakwaan terkandung kebahagiaan dunia dan akhirat, serta berisi keselamatan, jalan keluar dari musibah dan krisis, keringanan dari kesusahan, kemuliaan, dan kemenangan di dunia dan akhirat.

Ayat ini, "...Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya (QS. At Talaq ayat 2-3), mengejawantahkan filosofi universal dan cara hidup yang sangat penting dalam labirin realitas yang kelam ini. Terutama saat seseorang hidup dengan jalan yang saling terkait, yang menempatkan dirinya dalam masalah yang sulit.

Dalam keadaan itulah, seorang Muslim harus memutuskan titik balik mana yang akan diambil. Titik balik ketakwaan dan taqwa kepada-Nya yang mendatangkan keselamatan dan rezeki di dunia dan akhirat, atau titik balik hawa nafsu yang membawa kecemasan dan kesedihan.

Ketika seorang Muslim meyakini bahwa Allah SWT memiliki kebijaksanaan atas apa yang Dia tetapkan, maka ia akan bersikap tenang, karena apa yang terjadi adalah ketetapan Allah SWT. Tunduklah pada segala ketetapan-Nya, dan pujilah Dia atas apa yang Dia berikan dari karunia-Nya.

Jangan pernah jenuh dan kesal...

sumber : Aljazirah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement