Ahad 07 Jan 2024 15:41 WIB

Sering Mengalami Kecemasan dalam Hidup? Langgengkan Baca Shalawat Ini 

Shalawat mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Nabi Muhammad (ilustrasi). Shalawat mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim
Foto: Dok Republika
Nabi Muhammad (ilustrasi). Shalawat mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ada bacaan yang sering diucapkan oleh ulama besar Imam Nawawi. Bacaan yang dimaksud ialah bacaan shalawat yang sering diucapkan Imam Nawawi. 

Bacaan shalawat  ini disampaikan oleh Anggota Komite Tertinggi Dakwah di Al Azhar Kairo Mesir, Dr Ramadhan Abdul Razak. 

Baca Juga

Berikut bacaan shalawatnya:

 اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى عَبْدِكَ وَحَبِيبِكَ وَنَبِيِّكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ، صَلَاةً تَحُلُّ بِهَا عُقْدَتِي وَتُفَرِّجُ بِهَا كُرْبَتِي وَتُنْقِذُنِي بِهَا مِنْ وَحْلَتِي وَتُقِيْلُ بِهَا عَثْرَتِي وَتَقْضِي بِهَا حَاجَتِي

 

Latin:

Allahumma sholli wa sallim wa baarik 'alaa 'abdika wa habii-bika wa nabiyyika sayyidinaa Muhammad, sholaatan tahullu bihaa 'uqdatii wa tufarriju bihaa kurbatii wa tunqi dzunii bihaa min wahlatii wa tuqiilu bihaa 'atsrotii wa taqdhii bihaa haa-jati

Terjemahan:

Ya Allah, berkahilah hamba-Mu, kekasih-Mu, Nabi-Mu, dan junjungan kami, Muhammad. Doa yang menghilangkan kerumitanku, melapangkan kesusahanku, menyelamatkanku dari kesulitanku, meringankan keterpurukanku, dan memenuhi kebutuhanku.

"Doa ini adalah untuk menghilangkan kesulitan, kecemasan, kekhawatiran, dilema, menyelamatkan seseorang dari dosa dan perbuatan buruk, serta memenuhi kebutuhannya, Insya Allah," terang Dr Ramadhan Abdul Razak.

Baca juga: Suka Bangun Malam Hari Kemudian Ingin Tidur Lagi, Baca Doa Rasulullah SAW Ini

Shalawat menghadirkan beragam kebaikan sehingga dengan demikian, seorang Muslim dapat terhindar dari berbagai bentuk malapetaka. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh generasi salaf dan para imam, yang dikutip Mufti Mesir Syekh Syauqi Allam.

Bahkan ulama berpendapat, shalawat  Nabi adalah di antara mukjizat Nabi SAW. Rasulullah SAW juga pernah bersabda tentang besarnya keutamaan shalawat , sebagai berikut:

عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا رواه مسلم.

"Siapa yang bershalawat  kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat  untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Keutamaan shalawat..

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement