Jumat 05 Jan 2024 02:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Temuan Sains Bukti Kebenaran Alquran dan Kebesaran Allah

Mari kita merenung dengan akal dan hati bersih tentang temuan sains dalam Alquran.

Panorama kawah Gunung Ijen di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (28/5/2022).
Foto:

Ketiga, Deoxyribo Nucleat Acid DNA sudah ada disebutkan dalam surat Al-Furqan Ayat 54:

وَهُوَ الَّذِي خَلَقَ مِنَ الْمَاءِ بَشَرًا فَجَعَلَهُ نَسَبًا وَصِهْرًا ۗ وَكَانَ رَبُّكَ قَدِيرًا

Dan Dia (pula) yang menciptakan manusia dari air lalu dia jadikan manusia itu (punya) keturunan dan mushaharah dan adalah Tuhanmu Maha Kuasa.

Penemuan sains ini pada 1869 M oleh dokter muda yang bernama Friedrich Miescher yang percaya bahwa rahasia kehidupan dapat diungkap melalui penelitian kimia pada sel-sel makhluk hidup. Kemudian, diteliti lagi oleh William Astbury (1937 M) serta James D Watson & Francis Crick (1953 M). Temuan ini 1.237 tahun setelah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam wafat (632 M).

Keempat, terjadinya hujan. Proses ini sudah dijelaskan dalam al-Qur’an surat Ar-Rum Ayat 48. Allah berfirman:

اللَّهُ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ فَتُثِيرُ سَحَابًا فَيَبْسُطُهُ فِي السَّمَاءِ كَيْفَ يَشَاءُ وَيَجْعَلُهُ كِسَفًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ ۖ فَإِذَا أَصَابَ بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ

Allah, Dialah yang mengirim angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah membentangkannya di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal; lalu kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka apabila hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya, tiba-tiba mereka menjadi gembira.

Teori proses terjadinya hujan ini ditemukan pada 1580-an masehi oleh Bernard Palissay (868 tahun setelah Rasulullah Shalallahu ‘alaihi Wasallam wafat (632M)).

Ma’asiral Muslimin Rahimakumullah

Itulah bukti sebagaian kecil kebenaran dalam al-Qur’an dan saintifik.  

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِيْنَ

Khutbah kedua...

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-kebenaran-al-qur-an-dan-kebesaran-allah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement