Jumat 05 Jan 2024 01:05 WIB

Nabi Muhammad Baca Istighfar 100 Kali Sehari, Ini Hadits Anjuran Beristighfar

Istighfar memiliki sejumlah keutamaan.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Berdzikir. Ilustrasi
Foto:

Ketika Nabi bertanya kepada Hudzaifah secara pribadi, maka dapat pula kita maknai bahwa beliau sedang bertanya kepada kita. Artinya, beliau menganjurkan kepada umatnya untuk selalu beristighfar dengan memohon ampun kepada Allah SWT. Karena, kesalahan di masa lalu akan berdampak pada masa depan.

Khairi Syekh Maulana Arabi menjelaskan istighfar memang bacaan unuk memohon ampun kepada Allah SWT. Namun, di sisi lain, istighfar juga bisa menjadi doa mustajab untuk melepaskan diri kita dari masalah-masalah pelik urusan ekonomi maupun masalah lainnya.

BACA JUGA: Tafsir Surat An Nur Ayat 32: Jaminan Rezeki Allah karena Menikah

Rasulullah sendiri merupakan orang yang makshum dari dosa dan dijamin masuk surga. Kendati demikian, beliau tidak bosan untuk beristighfar. Dalam hadits lain, Rasulullah SAW juga bersabda:

وَاللَّهِ إِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِى الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً

Artinya: “Demi Allah! Sungguh aku selalu beristighfar dan bertaubat kepada Allah dalam sehari lebih dari 70 kali.” (HR Bukhari)

Adapun keutamaan istighfar sangatlah banyak. Di antaranya, Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa rutin membaca istighfar, Allah akan memberikan solusi pada setiap kesulitannya, dan penyelesaian bagi setiap permasalahannya. Dan, Dia akan memberinya rezeki dari jalan yang tidak terduga.” (HR Abu Dawud, Nasa’I, Ibnu Majah, Hakim, dan Baihaqi).

BACA JUGA: Doa Memohon Kemudahan Saat Menghadapi Kesulitan

Doa dan dzikir setelah sholat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement