Selasa 02 Jan 2024 07:09 WIB

Profil Surat Al Qariah

Surat Al Qariah terdiri dari 11 ayat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
 Profil Surat Al Qariah.  Foto: Alquran (ilustrasi).
Foto: Dok Republika
Profil Surat Al Qariah. Foto: Alquran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Surat Al Qariah terdiri dari 11 ayat, surat ini termasuk golongan surat-surat Makkiyah. Artinya Surat Al-Qaariah diturunkan di Makkah.

Surat Al Qaariah yang memiliki arti Hari Kiamat diturunkan sesudah Surat Quraisy. Nama Al-Qaariah diambil dari kata "Al Qaari'ah" yang terdapat pada ayat pertama, artinya yang mengetuk dengan keras, kemudian kata ini dipakai untuk nama hari Kiamat.

Baca Juga

Pokok-pokok isi Surat Al-Qaariah adalah kejadian-kejadian pada hari kiamat. Yaitu manusia bertebaran, gunung-gunung berhamburan, amal perbuatan manusia ditimbang dan dibalas.

Surat Al-Qaariah seluruhnya menjelaskan hal-hal yang akan terjadi pada hari Kiamat. Dilansir dari buku Alquran dan Terjemahannya yang dianjurkan oleh Pelayan Dua Tanah Suci, Raja Fahd Ibn Abdal Aziz Al Saud, Raja Kerajaan Arab Saudi untuk dicetak.

 

Pada buku Tafsir Ilmi tentang Kiamat Dalam Perspektif Alquran dan Sains. Dijelaskan bahwa Al-Qaariah artinya suara ketukan yang keras. Kata Al-Qaariah ini terambil dari qara‘a – yaqra‘u – qar‘an, yang berarti mengetuk. 

Al-Qaariah juga bermakna suara keras yang mengetuk dan memekakkan telinga. Hal ini terjadi pada awal kiamat.  Saat itu, terdengar suara keras yang menggelegar akibat kehancuran yang maha dahsyat. Suara keras yang memekakkan telinga (Al-Qaariah) ini merupakan tanda awal kehancuran alam.

Dalam Surat Al-Qaariah, dijelaskan golongan orang-orang yang masuk surga dan golongan yang masuk neraka. Sedangkan dalam Surat At Takaatsur diterangkan salah satu sebab yang membawa orang masuk neraka. Inilah hubungan Surat Al-Qaariah yakni surat ke 101 dan Surat At Takaatsur yakni surat ke 102.

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

 

اَلْقَارِعَةُۙ

مَا الْقَارِعَةُ ۚ

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا الْقَارِعَةُ ۗ

يَوْمَ يَكُوْنُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوْثِۙ

وَتَكُوْنُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوْشِۗ

فَاَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِيْنُهٗۙ

فَهُوَ فِيْ عِيْشَةٍ رَّاضِيَةٍۗ

وَاَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِيْنُهٗۙ

فَاُمُّهٗ هَاوِيَةٌ ۗ

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا هِيَهْۗ

نَارٌ حَامِيَةٌ ࣖ

Al-Qaariah (hari Kiamat yang menggetarkan). Apakah Al-Qaariah itu? Tahukah kamu apakah Al-Qaariah itu? Pada hari itu manusia seperti laron yang beterbangan dan gunung-gunung seperti bulu yang berhamburan.

Siapa yang berat timbangan (kebaikan)nya, dia berada dalam kehidupan yang menyenangkan. Adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, tempat kembalinya adalah (neraka) Hawiyah.

Tahukah kamu apakah (neraka Hawiyah) itu? (Ia adalah) api yang sangat panas. (QS Al-Qaariah Ayat 1-11)

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement