Senin 01 Jan 2024 22:58 WIB

Ayat-Ayat Alquran yang Berbicara Seputar Dahsyatnya Peristiwa Kiamat

Kiamat keniscayaan yang akan terjadi atas kehendak Allah SWT

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nashih Nashrullah
Hari Kiamat (ilustrasi). Kiamat keniscayaan yang akan terjadi atas kehendak Allah SWT
Foto: pulsk.com
Hari Kiamat (ilustrasi). Kiamat keniscayaan yang akan terjadi atas kehendak Allah SWT

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Mempercayai datangnya hari kiamat adalah sebuah kewajiban bagi seorang Muslim. Pasalnya, iman kepada hari kiamat adalah rukun iman yang kelima dari enam rukun iman dalam Islam.

Namun mengenai kapan datangnya hari kiamat tidak ada satupun manusia yang mengetahuinya kecuali Allah SWT. 

Baca Juga

Kendati demikian Alquran  telah memberikan petunjuk tentang tanda-tanda kiaman dan gambaran yang akan terjadi ketika hari kiamat datang. Banyak ayat-ayat Alquran  yang menjelaskan tentang hari kiamat. Berikut Beberapa ayat Alquran  tentang hari kiamat:

1. Ad-Dukhan ayat 41

يَوۡمَ لَا يُغۡنِىۡ مَوۡلًى عَنۡ مَّوۡلًى شَيۡــًٔا وَّلَا هُمۡ يُنۡصَرُوۡنَۙ  Artinya: "Yaitu hari yang seorang karib tidak dapat memberi manfaat kepada karibnya sedikitpun, dan mereka tidak akan mendapat pertolongan." (QS Ad Dukhan: 41).

2. Al-Qariah ayat 1-5

ٱلْقَارِعَةُ. مَا ٱلْقَارِعَةُ. وَمَآ أَدْرَىٰكَ مَا ٱلْقَارِعَةُ. يَوْمَ يَكُونُ ٱلنَّاسُ كَٱلْفَرَاشِ ٱلْمَبْثُوثِ. وَتَكُونُ ٱلْجِبَالُ كَٱلْعِهْنِ ٱلْمَنفُوشِ.

Artinya: "Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung seperti bulu yang dihambur-hamburkan."

3. Al-Waqiah ayat 1-6

اِذَا وَقَعَتِ الۡوَاقِعَةُ لَيْسَ لِوَقْعَتِهَا كَاذِبَةٌ ۘ خَافِضَةٌ رَّافِعَةٌ اِذَا رُجَّتِ الْاَرْضُ رَجًّاۙ وَّبُسَّتِ الْجِبَالُ بَسًّاۙ فَكَانَتْ هَبَاۤءً مُّنْۢبَثًّاۙ

Artinya: "Apabila terjadi hari Kiamat. Tidak ada seorang pun yang (dapat) mendustakan terjadinya. (Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain)"Artinya "Apabila bumi diguncangkan sedahsyat-dahsyatnya. Dan gunung-gunung dihancurkan sehancur-hancurnya. Jadilah ia debu yang beterbangan"

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement