Jumat 29 Dec 2023 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Belajar Ikhlas

Keikhlasan juga menjadi landasan pokok untuk beribadah kepada Allah SWT.

Umat Islam bersiap mengikuti shalat Jumat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi, Jumat (14/7/2023).
Foto:

Jama’ah juma’t yang berbahagia

Ikhlas pada hakikatnya adalah melakukan sesuatu karena dan untuk Allah SwT semata. Apapun motifnya, apapun tujuannya, semua perbuatan harus bermuara kepada Allah SwT. Sebagaimana disebutkan dalam surat al-Insan ayat 9 tentang orang-orang yang memberi makan kepada orang miskin, anak yatim, dan tawanan:

إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنْكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا

“Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah karena mengharapkan ridha Allah, kami tidak mengharapkan balasan dan terima kasih dari kamu.”

Ayat tersebut menjelaskan bahwa segala sesuatu yang kita berikan kepada orang lain, baik itu berupa materi ataupun jasa, harus dilandasi dengan mengharap ridha Allah SwT. Orang yang sejak awal memiliki tujuan melakukan sesuatu hanya karena Allah, maka ia telah menjadi orang yang ikhlas.

Ketika sampai pada level tersebut ia tidak akan menghiraukan apapun yang terjadi setelahnya. Apakah ia akan mendapatkan balasan dari orang yang ia bantu atau tidak.

Kondisi hatinya juga tidak akan berubah-ubah. Hatinya tidak menjadi senang ketika mendapat balasan, tidak juga bersedih ketika tidak mendapatkannya. Bahkan dalam ayat di atas, sebatas ucapan terima kasih pun tidak ia harapkan.

Hal ini menjelaskan bahwa upah/gaji yang didapatkan karena bekerja tidak ada hubungannya dengan keikhlasan. Apabila sejak awal bekerja dan meniatkannya karena Allah, maka ia sudah menjadi orang yang ikhlas.

Adapun gaji yang diberikan memang sudah menjadi haknya karena telah mengerahkan waktu dan tenaga untuk bekerja. Sehingga, jumlah gaji yang diterima tidak bisa menjadi patokan untuk menilai keikhlasan seseorang.

Selanjutnya...

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/khutbah-jum-at-ikhlas
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement