Sabtu 23 Dec 2023 21:04 WIB

Diterpa Masalah Besar, Baca Doa Nabi Yunus Ini Agar Dilapangkan Dada

Doa mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa diterpa masalah. Doa mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi berdoa diterpa masalah. Doa mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Rasulullah SAW kerap memberikan tuntunan kepada umat Islam untuk senantiasa keluar dan mencari solusi dari setiap ujian dan musibah yang datang. Dan semuanya dimulai dari ketenangan hati dan kelapangan dada. 

Bagaimana caranya agar hati senantiasa berlapang dada meski dilanda musibah? Rasulullah SAW memberikan nasehat dan amalan yang dapat dilakukan di kala sedih menerpa. Yakni mengucapkan doa agar senantiasa diberikan kelapangan dada. Doa tersebut adalah doa yang pernah dibaca Nabi Yunus AS, yaitu sebagai berikut: 

Baca Juga

لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين 

Latin:

La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzholimin)."

Terjemah: 

“Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau, sesungguhnya Aku termasu orang-orang zalim.” 

Hal ini sebagaimana dalam keterangan hadits yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi. Dalam riwayat tersebut Rasulullah SAW bersabda:   

 إني لأعلم كلمة لا يقولها مكروب إلا فرج الله عنه: كلمة أخي يونس عليه السلام، لا إله إلا أنت سبحانك إني كنت من الظالمين. والحديث رواه الترمذي.

Yang artinya, "Di dalam hadits disebutkan bahwa Nabi SAW bersabda, 'Sesungguhnya aku sangat mengetahui satu kalimat, yang mana tidak mengucapkan kalimat itu, orang yang tengah bersedih, kecuali Allah SWT memberikan kelapangan dan solusi dari kesedihan itu. Yakni kalimat dari saudaraku Yunus AS: (La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzholimin)."

Anjuran Doa

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah yang diterbitkan oleh Pustaka Kalbu, menjelaskan, doa adalah senjatanya orang beriman.

Setiap kita punya kebutuhan, maka hendaklah manusia berdoa kepada Allah SWT, mohonlah kepada Allah SWT agar keinginan terpenuhi. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: 

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

 "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (QS Al Baqarah ayat 186).

Sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah SWT, niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al-Mumin ayat 60, Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

"Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."  

Baca juga: Baca Dzikir Ini Hadapi Cobaan dan Fitnah Berat, Diajarkan Rasulullah SAW dan Para Nabi

Buya Alfis Chaniago menjelaskan, janganlah manusia berdoa kepada selain Allah SWT. Karena, tidak ada satu pun yang mengabulkan doa manusia selain Allah SWT. Dalam surat Al Ahqaf ayat 5, Allah SWT berfirman:

وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُۥٓ إِلَىىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ وَهُمْ عَن دُعَآئئِهِمْ غَٰففِلُونَ

“Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa)-nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?” 

photo
Infografis 3 Tanda Allah Menjawab Doa Kita - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement