Jumat 22 Dec 2023 18:27 WIB

Alquran Abadikan Tingkah Laku Yahudi yang Bodoh tapi Berlagak Pintar

Yahudi dengan kebodohannya menolak dakwah para nabi.

Rep: Mabruroh/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Alquran.Yahudi dengan kebodohannya menolak dakwah para nabi
Foto: republika
Ilustrasi Alquran.Yahudi dengan kebodohannya menolak dakwah para nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Satu bangsa yang banyak disebutkan Allah SWT dalam firman-Nya di dalam Alquran adalah bangsa Yahudi. Bangsa yang dilaknat, karena selalu mendurhakai Nabi-nabi yang Allah SWT kirim tanpa putus kepada mereka untuk mengajak mereka beriman. 

Padahal, Allah SWT menjadikan mereka Bani Israel, keturunan Israil (sebutan untuk Nabi Yaqub) dan ahli kitab. Namun dari 12 nabi yang Allah SWT kirim tanpa putus kepada bangsa Yahudi, tetap saja mereka bangsa pembangkang, sombong, bebal, dan bodoh. 

Baca Juga

Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, Nabi Ishak, Nabi Ya’qub, Nabi Musa, Nabi Luth, Nabi Daud, Nabi Sulaiman, Nabi Yunus, Nabi Isa, Nabi Yusuf, dan Nabi Muhammad SAW adalah nabi-nabi yang pernah tinggal dan lahir di Palestina. Inilah Palestina juga disebut negeri para anbiya. 

Dengan banyaknya Nabi yang membersamai bangsa Yahudi, harusnya menjadikan mereka bangsa yang salih dan bertakwa, tetapi yang terjadi malah sebaliknya. Mereka justru menjadi bangsa munafik yang memusuhi nabi. 

Mereka bangsa yang mengetahui kebenaran akan kenabian Muhammad SAW sebagai nabi akhiruzaman, tetapi tidak mau membenarkan dan justru memusuhi Muhammad SAW, hanya karena Nabi terakhir yang mereka tunggu-tunggu sebagai penyelamat bukan lahir di tanah para nabi, Palestina.  

Kebodohan dan kesombongan bangsa Yahudi ini juga disebutkan dalam surat Al Araf ayat 137. Yakni saat Allah SWT menyelamatkannya dari kejaran Firaun tetapi mereka justru meminta Nabi Musa membuatkan berhala sehingga Nabi Musa menyebut mereka kaum yang bodoh. 

فَاَ تَوۡا عَلٰى قَوۡمٍ يَّعۡكُفُوۡنَ عَلٰٓى اَصۡنَامٍ لَّهُمۡ‌ ۚ قَالُوۡا يٰمُوۡسَى اجۡعَلْ لَّـنَاۤ اِلٰهًا ككَمَا لَهُمۡ اٰلِهَةٌ‌  ؕ قَالَ اِنَّكُمۡ قَوۡمٌ تَجۡهَلُوۡنَ

“Dan Kami menyeberangkan Bani Israil (melintasi) laut itu (dengan selamat). Ketika mereka sampai kepada suatu kaum yang tetap menyembah berhala, mereka (Bani Israil) berkata, "Wahai Musa! Buatlah untuk kami sebuah tuhan (berhala) sebagaimana Tuhan-Tuhan mereka.” (Musa) menjawab, "Sesungguhnya, kamu adalah kaum yang bodoh." 

Baca juga: Israel Kubur Warga Hidup-Hidup, Alquran Ungkap Perilaku Yahudi kepada Nabi Mereka

Dalam tafsir Kementerian Agama disebutkan bagaimana Allah SWT telah menyelamatkan Bani Israil dari penindasan Firaun dan kaumnya. Allah SWT menyelamatkan mereka dari kejaran Firaun dengan membelah laut, melalui mukjizat tongkat Nabi Musa AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement