Senin 18 Dec 2023 16:48 WIB

Sains Modern Buktikan Manfaat Tidur Siang yang Dianjurkan Rasulullah SAW 

Tidur siang mempunyai sejumlah hikmah dari aspek kesehatan

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Tidur (ilustrasi). Tidur siang mempunyai sejumlah hikmah dari aspek kesehatan
Foto:

Menurut Imam Al Ghazali tidur qailulah sangat bermanfaat terlebih bagi orang yang biasa melaksanakan qiyamullail seperti mengerjakan sholat tahajud dan ibadah lainnya pada malam hari. 

Dan tidur qailulah juga sangat bermanfaat bagi orang-orang yang harus terjaga guna mengerjakan kebaikan misalnya melakukan penelaahan terhadap suatu cabang ilmu di malam hari dan lainya. Dengan begitu kondisi fisik pun tetap prima dalam menjalankan aktivitas. 

Namun demikian Imam Al Ghazali menyayangkan bila ada orang yang tidur qoiylulah tapi tidak melakukan qiyamullail. Sebab energi yang telah dipersiapkan dengan tidur qoiylulah tidak digunakan. 

Imam Ghazali mengibaratkan orang yang suka tidur qailulah tapi tak bangun malam seperti orang yang sahur tapi tak puasa, maka sangat disayangkan.   

ينبغي أن تستعد قبل الزوال لصلاة الظهر ، فتقدم القيلولة إن كان لك قيام بالليل ، أو سهر في الخير ، فإن فيها معونة على قيام الليل ، كما أن في السحور معونة على صيام النهار ، والقيلولة من غير قيام بالليل كالسحور من غير صوم بالنهار . 

Artinya: "Seyogianya engaku bersiap-siap sebelum masuk waktu dzuhur untuk melaksanakan sholat Zuhur, (caranya) mendahulukan tidur qoiylulah (tidur siang sebentar sebelum Zuhur) apabila engkau biasa bangun malam (untuk melaksanakan sholat sunah tahajud dan ibadah lain di malam hari) atau begadang untuk kebaikan. Sesungguhnya dalam tidur qailulah itu dapat membantu dalam qiyamullail seperti sahur dapat membantu puasa di siang hari. Tidur qailulah tanpa bangun malam itu seperti sahur tanpa puasa di siang hari." ( Lihat kitab Bidayat al-Hidayah halaman 118 cetakan Darul Minhaj Lebanon Beirut).

Lebih lanjut Imam Al Ghazali mengatakan apabila seseorang menghendaki untuk tidur qoiylulah maka upayakan agar bangun beberapa saat sebelum masuk waktu Zuhur. 

Setelah bangun, hendaknya untuk menyegerakan berwudhu dan menuju masjid. Setelah berada di masjid langsung mengerjakan sholat tahiyatul masjid. Lalu beriktikaf sejenak sambil menunggu muadzin. 

فاجتهد أن تستيقظ قبل الزوال وتتوضأ وتحضر المسجد وتصلى التحية ، وتنتظر المؤذن وتجيبه  

Artinya: "Maka (bila telah tidur qoiylulah) berusahalah bangun sebelum masuk waktu dzuhur. Dan berwudhulah serta menuju masjid dan sholat tahiyatul masjid. Dan engkau menunggu muadzin dan jawablah azan."   

photo
Infografis Manfaat Tidur Siang - (republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement