Senin 11 Dec 2023 17:55 WIB

Doa Berlindung dari Penyakit Berat 

Muslim dianjurkan membaca doa ini untuk terhindar dari penyakit berat.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Doa Berlindung dari Penyakit Berat. Foto: Ilustrasi Berdoa.
Foto: Pixabay
Doa Berlindung dari Penyakit Berat. Foto: Ilustrasi Berdoa.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Untuk dapat terhindar dari penyakit berat, muslim dianjurkan untuk membaca doa yang biasa diucapkan oleh Nabi Muhammad ﷺ. Doa ini mengandung perlindungan dari penyakit berat dan lainnya.

Anas bin Malik radhiyallahu anhu meriwayatkan bahwa Rasulullah ﷺ biasa berdoa (HR. Ahmad (13004) dan Abu Daud (1554). Ia dinyatakan sahih oleh Al-Albani) :

Baca Juga

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

“Allaahumma innii a`udzu bika mina-l barashi wa-l junuuni wa-l judzaami wa min sayyi-il asqaami.”

(Ya Allah! Aku berlindung kepada Engkau dari penyakit Albinisme, kegilaan, kusta/lepra, dan penyakit-penyakit buruk lainnya.)

Dikutip dari buku Syarah Doa-Doa Pilihan Terbaik oleh Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr dengan penerjemah Muhammad Afif Naufaldi bin Ali, Hadits ini menerangkan bahwa Rasulullah ﷺ memohon perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dari empat hal, yaitu: al-barash, al-junuun, al-judzaam, dan sayyi-ul asqaam. Disunahkan untuk memohon perlindungan dari empat hal ini, sebagai bentuk pengikutan terhadap Nabi ﷺ. 

Sunah ini juga faktor yang sangat penting dalam menolak bala, doa di hadapan bala bagaikan tameng besi yang melindungi seseorang dari hujanan anak panah. Doa adalah faktor yang dapat menolak bala dan mendatangkan rahmat dan keselamatan, seperti tameng besi yang merupakan faktor yang dapat mementahkan hujanan anak panah, dan seperti air yang merupakan faktor tumbuhnya tanaman.

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement