Jumat 08 Dec 2023 10:02 WIB

Pesan Nabi SAW Jelang Sholat Jumat: Jangan Telat dan Simak Khutbahnya

Jumat adalah hari yang memiliki fadhilah besar dalam Islam.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumat adalah hari yang memiliki fadhilah besar dalam Islam. Dalam sejumlah riwayat hadits, Nabi SAW menyampaikan ihwal apa saja yang terjadi di hari Jumat sehingga memiliki keutamaan yang tinggi bagi umat Muslim.

Rasulullah SAW bersabda:

Baca Juga

"إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ ..."

"Sesungguhnya yang paling utama dari hari-hari kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, ditiupkannya sangkakala pertama dan kedua (Hari Kiamat), dan terjadi sho'iqoh (pingsannya seluruh makhluk pasca ditiupnya sangkakala)..." (Dinyatakan sahih dalam Shahih At-Targhib, diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah, dan lbnu Hibban)

 

Hadits selanjutnya mengenai keutamaan hari Jumat ialah yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله  عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Hari terbaik yang ada matahari muncul adalah hari Jumat. Pada hari Jumat Adam diciptakan, pada hari itu Adam dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan darinya." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasai)

Karena itu, hendaknya seorang Muslim memuliakan hari Jumat, termasuk dengan melaksanakan sholat Jumat sesuai tuntunan Nabi Muhammad SAW. Nabi SAW telah berpesan agar tidak datang terlambat ke masjid untuk sholat Jumat.

Nabi Muhammad SAW bersabda...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement