Jumat 08 Dec 2023 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Ikhtiar Membantu Terwujudnya Perdamaian di Palestina

Bantuan bisa kita wujudkan dalam bentuk materiil maupun moril.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Bendera Palestina dan Yaman berkibar di dek kapal kargo Galaxy Leader, yang disita oleh Houthi di lepas pantai pelabuhan Al-Salif di Laut Merah di provinsi Hodeidah, Yaman, Selasa (5/12/2023).
Foto: EPA-EFE/YAHYA ARHAB
Bendera Palestina dan Yaman berkibar di dek kapal kargo Galaxy Leader, yang disita oleh Houthi di lepas pantai pelabuhan Al-Salif di Laut Merah di provinsi Hodeidah, Yaman, Selasa (5/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Ustadz H. Muhammad Faizin, Sekretaris MUI Provinsi Lampung

JAKARTA -- Rakyat Palestina di Jalur Gaza terus-menerus mengalami penderitaan akibat gempuran dan serangan militer Israel. Kondisi ini merupakan bentuk krisis kemanusiaan yang diakibatkan oleh kebrutalan Israel.

Baca Juga

Berbagai hukum internasional dilanggarnya. PBB pun diacuhkannya. Maka, berikut ini adalah naskah khutbah Jumat yang mengulas tentang ikhtiar dalam rangka membantu saudara-saudara di Palestina dan upaya mewujudkan perdamaian di sana.

Khutbah I

   الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى اٰلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلٰهَ إِلَّا الله وَحْدَه لَاشَرِيْكَ لَهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ اْلمُبِيْن. وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَـمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صادِقُ الْوَعْدِ اْلأَمِيْن. أَمَّا بَعْدُ فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ. اِتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوْتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ. فَقَالَ اللهُ تَعَالَى: اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَصْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ ࣖ   

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah

Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kesehatan dan kesempatan kepada kita sehingga bisa hidup di dunia khususnya di Indonesia dengan damai dan tenang serta mampu  menjalankan misi utama kita hidup di dunia yakni beribadah kepada Allah swt.

BACA JUGA: Doa Qunut Nazilah untuk Warga Palestina yang Berada dalam Peperangan

Shalawat serta salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad saw yang menjadi tauladan bagi kita bagaimana bisa besyukur dan memelihara nikmat yang telah dikaruniakan oleh Allah. Semoga kita senantiasa menjadi umatnya yang mampu meneladaninya dan pandai bersyukur atas nikmat-nikmat Allah yang kita terima ini. ad   Wajib juga bagi khatib untuk terus mengingatkan jamaah agar meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt.

Mari kita perkuat ketakwaan dengan senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Di antara bentuk menjalankan perintah Allah adalah dengan senantiasa membantu saudara kita yang sedang berada pada kondisi terpuruk serta senantiasa menjadi individu yang cinta perdamaian dan membenci peperangan.

sumber : https://nu.or.id/khutbah/khutbah-jumat-ikhtiar-membantu-terwujudnya-perdamaian-di-palestina-60kKe
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement