Kamis 07 Dec 2023 19:58 WIB

Dugaan Pembunuhan 4 Anak di Jagakarsa, Ingatlah 4 Pesan Rasulullah SAW Berikut Ini

Rasulullah SAW memperingatkan umatnya larangan membunuh orang lain

Rep: Andrian Saputra, Alkhaledi Kurniaalam/ Red: Nashih Nashrullah
Kondisi rumah lokasi pembunuhan Empat anak berinisial V (6 tahun),S (4 tahun), A (3 tahun) dan A (1 tahun) di RT 04/03, Kelurahan Jagakarsa, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (6/12/2023). Mereka diduga dibunuh oleh ayah kandungnya sendiri berinisial PD (41 tahun)
Foto:

3. Hancurnya dunia lebih ringan dari pada membunuh Muslim

Dari Abdullah bin Amru bin Al Ash RA Rasulullah SAW bersabda:

والذي نفسي بيده لقتل مؤمن أعظم عند الله من زوال الدنيا

Artinya: "Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, membunuh seorang Muslim itu lebih dahsyat di sisi Allah dari hancurnya dunia." (HR Nasai nomor 3921). 

لزوال الدنيا أهون على الله من قتل رجل مسلم Artinya: "Hancurnya dunia lebih ringan di sisi Allah dari dibunuhnya seorang Muslim." (HR Tirmidzi dari Abdullah bin Amru bin Al Ash nomor 1315).

Baca juga: Dua Surat Alquran Dibuka dengan Kata Tabarak, Ini Rahasianya yang Agung 

 

4. Nyawa seorang Muslim hanya halal lewat pengadilan syariah yang sah

لا يحل دم امرئ مسلم يشهد أن لا إله إلا الله وأني رسول الله إلا بإحدى ثلاث الثيب الزاني والنفس بالنفس والتارك لدينه المفارق للجماعة

Artinya: "Tidak halal darah seorang Muslim yang telah bersaksi tiada tuhan selain Allah dan aku adalah utusan Allah, kecuali karena satu dari tiga penyebab. 1)pelaku zina, 2)nyawa dibalas nyawa (qishaas) dan 3) orang yang keluar dari agama dan meninggalkan jamaah umat Islam."  (HR Bukhari dan Abdullah bin Mas'ud nomor 6370 dan Muslim nomor 3175).    

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement