Rabu 06 Dec 2023 11:15 WIB

39 Ayat Alquran Menyebutkan Sifat Gunung, Ini Fakta Ilmiahnya

Allah yang menciptakan gunung-gunung yang tinggi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
 Ada sekitar 39 ayat dalam Alquran yang menyebutkan  sifat-sifat gunung. Foto:  Gunung Kerinci (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan
Ada sekitar 39 ayat dalam Alquran yang menyebutkan sifat-sifat gunung. Foto: Gunung Kerinci (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Dalam penciptaan langit dan bumi serta segala isinya adalah tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Begitupun dengan penciptaan gunung-gunung dengan segala aktivitasnya adalah untuk menunjukkan ke-Maha Besaran Allah ta'ala. Dan hanya orang-orang yang menggunakan akalnya untuk mempelajari dan memahami ciptaan Allah itu yang akan dapat menangkap rahasia-rahasia dibaliknya. 

Allah SWT berfirman: 

Baca Juga

أَلَمْ نَجْعَلِ الْأَرْضَ مِهَادًا . وَالْجِبَالَ أَوْتَادًا . 

Artinya: Bukankah Kami telah menjadikan bumi itu sebagai hamparan? . dan gunung-gunung sebagai pasak?. (Alquran surat An Naba ayat 6-7).

 

وَجَعَلْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ شَامِخَاتٍ وَأَسْقَيْنَاكُمْ مَاءً فُرَاتًا

Artinya: dan Kami jadikan padanya gunung-gunung yang tinggi, dan Kami beri minum kamu dengan air tawar? (Alquran surat Mursalat ayat 27).

أَفَلَا يَنْظُرُونَ إِلَى الْإِبِلِ كَيْفَ خُلِقَتْ . وَإِلَى السَّمَاءِ كَيْفَ رُفِعَتْ . وَإِلَى الْجِبَالِ كَيْفَ نُصِبَتْ . 

Artinya: Maka apakah mereka tidak memperhatikan unta bagaimana dia diciptakan, Dan langit, bagaimana ia ditinggikan? Dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan? (Alquran surat Al Gasyiyah ayat 17-19). 

وَأَلْقَىٰ فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْ تَمِيدَ بِكُمْ وَأَنْهَارًا وَسُبُلًا لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Artinya: Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk, (Alquran surat An Nahl ayat 15). 

Ada sekitar 39 ayat dalam Alquran yang menyebutkan  sifat-sifat gunung. Dr. Nadiah Thayyarah dalam Mausu’ah al I’Jaz al Qur’ani yang diterjemahkan menjadi Buku Pintar Sains Dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah menjelaskan bahwa kata rawasiya (رَوَاسِيَ) dalam Mursalat ayat 27 berarti gunung-gunung yang tegak dan kukuh. Adapun kata al awtad (ٱلْأَوْتَاد) (artinya pasak-pasak )sebagaimana dalam An Naba ayat 7 berarti sesuatu yang ditancapkan ke dalam tanah untuk membuat tenda atau kemah bisa berdiri tegak. 

“Jika kita membandingkan pasak dan gunung, kita akan mendapati kesamaan bahwa pasak tertancap ke bawah tanah berkat kekuatan palu, dan gunung tertancap ke bawah tanah berkat kekuatan gravitasi. Pasak menahan tenda supaya tidak mudah roboh, sedangkan gunung mencengkeram bumi supaya tidak mudah berguncang. Gunung juga berperan menjaga atmosfer agar tidak kabur ke angkasa dan bisa tetap melekat di atas permukaan bumi. Jadi, akar gunung seolah seperti memancangkan tenda angkasa yang ada di atas kepala kita, melindungi kita dari berbagai radiasi berbahaya dari luar angkasa. Ia mungkin bisa dianggap sebagai kulit luar permukaan bumi,” (Lihat Mausu’ah al I’Jaz al Qur’ani karya Dr. Nadiah Thayyarah terbitan Dar al Yamama, Abu Dhabi yang diterjemahkan menjadi Buku Pintar Sains Dalam Alquran: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah oleh penerjemah M Zainal Arifin, Nurakib, Imam Firdaus, Nur Hizbullah, penerbit Zaman pada 2013 halaman 491).

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement