Rabu 06 Dec 2023 08:41 WIB

Doa Masuk dan Keluar Rumah Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Doa dibaca agar memperoleh keselamatan juga agar meraih keberkahan.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Pexels
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah bukan sekadar tempat beristirahat. Di sanalah Muslim membangun keluarga yang sakinah. Oleh karena itu, agar rumah menjadi nyaman, tidak hanya dengan memperbagus dan memperindah fisik bangunannya. Tetapi juga mengisi rumah dengan aktivitas ibadah kepada Allah taala termasuk membaca ayat-ayat Alquran.

Selain itu setiap Muslim dianjurkan ketika akan masuk dan keluar rumah untuk membaca doa. Selain agar memperoleh keselamatan juga agar meraih keberkahan di dalam rumah atau saat keluar rumah untuk bepergian. Berikut doa masuk dan keluar rumah.

Baca Juga

Doa Masuk Rumah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِاسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا ، وَبِاسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا ، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma inny asaluka khoirol maulaji wa khoirol makhroji bismillahi walajna, wa bismmillahi khorojna, wa ‘alallahi robbana tawakkalna

Artinya: Ya Allah, Aku memohon kepada-Mu sebaik-baik tempat masuk dan sebaik-baik tempat keluar. Atas nama-Mu kami masuk dan atas nama-Mu kami keluar. Dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal.

Mengapa harus berdoa saat masuk ke dalam rumah? Sebab setan senang tinggal di rumah-rumah yang sepi dari bacaan-bacaan Alquran, zikir, dan doa.

Bahkan setan akan kegirangan bila ada manusia yang masuk ke dalam rumah tapi tak membaca basmalah dan doa. Sebab mereka dapat memasuki rumah tersebut dengan leluasa dan tinggal di dalamnya.

Begitupun setan akan bergembira ketika ada manusia yang makan tetapi tak membaca basmalah dan doa. Setan merasa senang karena mereka bisa makan bersama dengan manusia.

Doa keluar rumah...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement