Selasa 05 Dec 2023 19:24 WIB

Ayat Alquran tentang Semesta Bertasbih Ini Isyaratkan Ada Kehidupan di Luar Angkasa

Alquran isyaratkan adanya kehidupan di luar bumi

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti / Red: Nashih Nashrullah
Planet-planet dalam dalam sistem binang Kepler 51. (ilustrasi). Alquran isyaratkan adanya kehidupan di luar bumi
Foto:

Mereka bertasbih memuji Allah SWT dengan berperilaku sesuai dengan keadaan yang ditakdirkan bagi mereka masing-masing.langit terbagi dalam tujuh lapis. Apabila kita asumsikan secara ilmiah bahwa kata ”langit” di sini adalah atmosfer, langit yang paling dekat dengan bumi, dan bukan langit antariksa, maka ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia saat ini mengkonfirmasikannya. 

Pembagian menjadi tujuh lapis didasarkan pada perbedaan kandungan kimia dan suhu udara yang berbeda-beda di tiap lapisan. Ketujuh lapisan tersebut dinamakan Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Thermosfer, Exosfer, Ionosfer dan Magnetosfer.  

Tiap lapis langit mempunyai urusannya sendiri-sendiri. Hal ini dikonfirmasi ilmu pengetahuan, misalnya ada lapisan yang bertugas untuk membuat hujan, mencegah kerusakan akibat radiasi, memantulkan gelombang radio, sampai kepada lapisan yang mencegah agar meteor tidak merusak bumi 

Ayat ini secara simbolik menunjukkan bahwa tasbihnya benda-benda di alam secara fisik adalah kepatuhannya (secara sukarela) terhadap hukum Allah SWT yang mengaturnya atau disebut juga dengan sunatullah. 

Hukum Allah SWT itu dikenal manusia sebagai hukum alam atau kaidah ilmu pengetahuan yang diketahui manusia (para ahli) dan berlaku pada semua makhluk termasuk manusia (secara fisik). 

Adapun yang dimaksud dengan “kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka” adalah sebagian besar manusia tidak mengerti sunatullah atau hukum alam yang hanya dimengerti oleh para ahlinya.

 

Jadi hanya orang yang berakal budi dan berpengetahuanlah yang bisa mengerti hukum alam dan dengan demikian juga bisa mengerti akan tasbih dari benda-benda antara langit yang tujuh dan bumi semuanya.  

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)
photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement