Selasa 05 Dec 2023 05:56 WIB

Doa Bagi Pelajar Agar Ilmu yang Didapat Jadi Manfaat

Perbaikilah niat dalam menuntut ilmu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Santriwati (ilustrasi)
Foto: Republika TV
Santriwati (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang yang berilmu sangat mungkin terjerumus pada kerusakan ketika ketika tidak mengamalkan ilmunya. Ada sederet faktor tentang mengapa ilmu yang diperoleh menjadi tidak bermanfaat, satu di antaranya sebagaimana dikemukakan oleh Syekh Al Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad bin Muhammad Al Ghazali ath Thusi atau Imam Al Ghazali dalam kitab Bidayatul Hidayah.

Alasan tersebut, yakni karena kelirunya niat dalam mencari ilmu. Semisal untuk menyombongkan diri, untuk menjadi terkenal, untuk menjadi kaya, dan lain sebagainya.

Baca Juga

Atau boleh jadi ilmu tak bermanfaat karena akhlak yang tercela pada guru dan orang tua, atau juga karena harta yang digunakan dalam rangka menuntut ilmu tercampur dengan harta syubhat atau haram. Maka dari itu, perbaikilah niat dalam menuntut ilmu.

Patuhilah guru dan orang tua. Serta wara' dalam menggunakan harta ketika menuntut ilmu. Dan yang juga penting adalah berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari ilmu yang tak bermanfaat. Berikut doanya.

 

Doa Agar Mendapat Ilmu yang Bermanfaat

 اللَّهُمَّ انْفَعْنِي بِمَا عَلَّمْتَنِي وَعَلِّمْنِي مَا يَنْفَعُنِي وَزِدْنِي عِلْمًا الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ وَأَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ حَالِ أَهْلِ النَّارِ

"Allahumman faniy bimaa alamtaniy wa alimniy maa yanfauniy wa zidniy ilman alhamdulilahillahi alaa kulli haalin wa audzu billahi min haali ahlin naari."

Artinya: Ya Allah, berilah manfaat terhadap apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Ajarkan kepadaku sesuatu yang bermanfaat bagiku dan tambahkanlah kepadaku ilmu. Segala puji hanya milik Allah pada setiap kondisi (bahagia atau pun susah) dan aku berlindung kepada Allah dari perbuatan penduduk neraka.

Lalu, ditambah dengan doa ini...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement