Selasa 05 Dec 2023 05:56 WIB

Doa Bagi Pelajar Agar Ilmu yang Didapat Jadi Manfaat

Perbaikilah niat dalam menuntut ilmu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Santriwati (ilustrasi)
Foto:

Lalu ditambah dengan doa ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

"Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dan lindungi kami dari hati yang tidak khusyuk, dan nafsu yang tidak pernah merasa puas, dan dari doa yang tidak pernah dikabulkan,"

Dalam Bidayatul Hidayah, Imam Al Ghazali menukil sebuah hadits tentang siksaan yang bergitu berat bagi orang-orang alim yang tidak mengamalkan ilmunya.

وعن قوله صلى الله عليه وسلم: (مررت ليلة أسرى بي بأقوام تقرض شفاههم بمقارض من نار، فقلت: من أنتم؟ قالوا: كنا نأمر بالخير ولا نأتيه وننهى عن الشر ونأتيه

Dan diriwayatkan dari sabda nabi SAW: Aku lewat pada malam aku di Isra'kan, aku bertemu kaum yang digunting mulut-mulutnya dengan gunting dari api neraka. Aku berkata: siapa kalian? Mereka berkata: kami adalah yang dulu memerintahkan kebaikan tetapi tidak melakukan kebaikan itu, dan melarang kejelakan tapi kita sendiri menjalankannya.

Imam Al Ghazali menjelaskan bahwa orang yang alim tapi tak mengamalkan ilmunya itu jauh lebih celaka dibanding orang bodoh yang tak mau belajar.

فإياك يا مسكين أن تذعن لتزويره فيدليك بحبل غروره، فويل للجاهل حيث لم يتعلم مرة واحدة، وويل للعالم حيث لم يعمل بما علم ألف مرة

Artinya: Maka takutlah kalian orang miskin, pada tunduknya tipu daya setan, dan jerat tali setan. Celaka sekali bagi orang bodoh karena tak mau belajar, celaka seribu kali bagi orang alim yang tak menjalankan ilmunya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement