Jumat 01 Dec 2023 16:55 WIB

Anjuran Nabi Muhammad untuk Tidur Siang Ternyata Terbukti Secara Ilmiah

Tidur sesaat di waktu siang hari dapat menambah konsentrasi.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Tidur siang.
Foto: www.freepik.com
Tidur siang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nabi Muhammad SAW pernah berpesan untuk istirahat sejenak di siang hari. Pesan beliau SAW disampaikan melalui hadits yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA. Berikut haditsnya.

Hadits tentang Tidur Siang

 عن أنس رضي الله عنه، أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: قيلوا فإن الشيطان لا يقيل

Baca Juga

Rasulullah bersabda, "Tidurlah sesaat (pada siang hari), karena setan tidak pernah tidur." (HR. Ath-Thabrani dalam Al-Awsath, dan Abu Nu'aim dalam Al-Thib)

Nadiah Thayyarah melalui Sains dalam Al-Qur'an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah menjelaskan, ilmu pengetahuan modern telah membuktikan tidur sesaat pada siang hari (qailulah) sangat bermanfaat dalam menambah produktivitas dan stamina seseorang.

 

Dalam sebuah laporan hasil riset yang dimuat di majalah Ilmu Psikologi tahun 2002, para peneliti menyimpulkan tidur sesaat pada siang hari selama 10-40 menit, tidak lebih, bisa mengistirahatkan tubuh dan mengurangi stres.

Selain itu, tidur sesaat di waktu siang hari juga dapat menambah konsentrasi dan kemampuan berpikir. Para peneliti juga menegaskan tidur siang selama 40 menit takkan memengaruhi siklus tidur pada malam hari. Namun, tidur siang yang lebih dari 40 menit dapat menyebabkan insomnia.

Riset yang dilakukan di bawah pengawasan dokter Escalante asal Spanyol itu menyimpulkan, tidur sesaat pada siang hari dapat menguatkan daya ingat dan konsentrasi. Juga dapat memperluas bidang baru aktivitas otak sehingga membuat tubuh nyaman dan relaks.

Kondisi vital biologis manusia...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement