Jumat 01 Dec 2023 14:50 WIB

Penjelasan Alquran Mengapa Bangsa Yahudi Kerap Membuat Kekacauan

Alquran mengabadikan tabiat buruk bangsa Yahudi

Ilustrasi Yahudi . Alquran mengabadikan tabiat buruk bangsa Yahudi
Foto:

Beruntung, Rasulullah SAW telah mengetahui kabar tentang masyarakat Yahudi, bahkan Rasulullah SAW telah menguasai seluk beluk mereka. Oleh Rasul, masalah itu dianggap sebagai konsekuensi penyebaran dakwah.

Akhirnya dakwah Rasulullah SAW pun disampaikan pula ke masyarakat Yahudi. Akan tetapi, bagi Yahudi, hijrahnya kaum Muslim ke Makkah, Madinah dan sekitarnya, merupakan sebuah ancaman sekaligus pesaing baru Yahudi dalam politik dan bisnis.

Berdasarkan riwayat Bukhari dan Ibn Ishaq, tak lama setelah Islam masuk ke Madinah, Abdullah bin Salam, seorang ulama Yahudi Bani Qainuqa`, memutuskan memeluk Islam. Peristiwa ini makin memacu Rasulullah lebih gencar mendakwahkan Islam kepada warga Yahudi.

Meski begitu, kepada masyarakat Yahudi yang memilih tetap berpegang pada keyakinannya, tidak lantas diintimidasi.

Sebagai penguasa baru di Madinah, setelah dua klan Arab yang mendominasi kaum Aus dan Khazraj sepakat beliau sebagai pemimpin mereka, Rasul memutuskan membuat Piagam Madinah untuk mengatur kehidupan masyarakat yang majemuk.

Piagam tetap berdasarkan kaedah dan prinsip Islam. Inti perjanjian adalah kebebasan agama bagi kaum Mukmin maupun Yahudi, dibarengi sikap saling rukun dan tolong menolong.

''Ini membuktikan, ajaran Islam dapat mengatur kepentingan bersama masyarakat Muslim dan non Muslim, tanpa harus menghilangkan karakter khas masing-masing, terutama agama,'' kata Asep Sobari.

Baca juga: Raksasa Bank Riba Yahudi-Jerman Rothschild yang Kuasai Dunia dan Isyarat Alquran

Namun, setelah piagam dibuat, masyarakat Yahudi berkhianat. Mereka mengadu domba pemuda Aus dan Khazraj dengan mengingatkan mereka pada peristiwa kelam di masa lalu, yakni perang Bu`ats yang menelan korban tokoh-tokoh besar Aus dan Khazraj.

 

Kedua kelompok Anshar tersebut nyaris saja baku hantam. Akan tetapi, saling bentrok itu dapat dicegah oleh Rasulullah SAW yang segera datang dan melerai mereka, seperti diriwayatkan Ibn Hisyam.        

photo
3 Benteng Klan Yahudi di Madinah - (republika)

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement