Kamis 30 Nov 2023 19:09 WIB

Yahudi Israel Tamak Caplok Tanah Palestina Benarkan Ayat Alquran Berikut ini

Yahudi Israel telah berbuat biadab terhadap Palestina.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Yahudi Israel serang Gaza untuk menguasai daerah tersebut.
Foto: AP Photo/Mohammed Hajjar
Yahudi Israel serang Gaza untuk menguasai daerah tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Alquran mangabadikan bagaimana karakter orang-orang Yahudi. Nabi Muhammad SAW, dalam Alquran, disebut akan menemukan orang-orang Yahudi dengan karakter yang digambarkan. Apa sifat yang dimaksud?

Hal tersebut tercantum dalam Surat Al Baqarah ayat 96, sebagai berikut:

Baca Juga

وَلَتَجِدَنَّهُمْ اَحْرَصَ النَّاسِ عَلٰى حَيٰوةٍ ۛوَمِنَ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْا ۛيَوَدُّ اَحَدُهُمْ لَوْ يُعَمَّرُ اَلْفَ سَنَةٍۚ وَمَا هُوَ بِمُزَحْزِحِهٖ مِنَ الْعَذَابِ اَنْ يُّعَمَّرَۗ وَاللّٰهُ بَصِيْرٌۢ بِمَا يَعْمَلُوْنَ ࣖ

"Dan sungguh, engkau (Muhammad) akan mendapati mereka (orang-orang Yahudi), manusia yang paling tamak akan kehidupan (dunia), bahkan (lebih tamak) dari orang-orang musyrik. Masing-masing dari mereka, ingin diberi umur seribu tahun, padahal umur panjang itu tidak akan menjauhkan mereka dari azab. Dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan." (QS. Al Baqarah ayat 96)

Prof Dr Quraish Shihab dalam kitab tafsirnya, Tafsir Al-Mishbah, menjelaskan, 'mereka' yang dimaksud dalam ayat tersebut ialah mereka yang mengaku kekasih Allah yakni anak cucu Adam yang paling tamak atau rakus terhadap kehidupan duniawi.

Bahkan kerakusan tersebut melebihi orang-orang musyrik. Mengapa lebih dari orang musyrik? Karena orang-orang musyrik sejak awal tidak percaya pada Allah dan hari akhir sehingga hidup mereka hanyalah dihabiskan untuk kenikmatan duniawi dan mereka tidak mengharapkan kenikmatan akhirat.

Lain halnya dengan orang-orang Yahudi. Prof Quraish menguraikan, orang-orang Yahudi mengakui wujud Tuhan dan keniscayaan hari akhir. Namun bagi orang-orang Yahudi, kehidupan dunia tidak harus sebagai kehidupan yang menyenangkan, terlebih dihiasi oleh nilai-nilai luhur.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement