Kamis 30 Nov 2023 16:53 WIB

Doa Saat Turun Hujan Agar Terhindar dari Banjir

Rasulullah SAW membaca doa ini saat khutbah Jumat.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Musim hujan (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Musim hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah wilayah di Indonesia telah memasuki musim hujan. Saat musim hujan, ada wilayah yang rawan banjir, ada juga yang aman dari banjir.

Maka Nabi Muhammad SAW menganjurkan membaca doa berikut ini saat terjadi hujan. Doa ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari yang dinukil oleh Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah dalam kitab Al-Wabilus Shayyib minal Kalimit Thayyib, (Kairo: Darud Diyan lit Turats, 1987 M/1408 H).

Baca Juga

Rasulullah SAW membaca doa ini saat khutbah Jumat berlangsung ketika seorang sahabat datang melapor bahwa hujan deras yang selama sekitar enam hari berlangsung membuat masyarakat kehilangan harta benda dan merusak fasilitas jalan.

BACA JUGA: Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab, Latin, dan Terjemahan

Adapun doa saat hujan deras yang dikhawatirkan terjadi banjir tersebut adalah sebagaimana berikut.

Doa Saat Hujan Deras

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا ,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allāhumma hawālainā wa lā ‘alainā. Allāhumma ‘alal ākāmi wal jibāli, waz zhirābi, wa buthūnil awdiyati, wa manābitis syajari.

Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami (memberkahi), bukan di atas kami (memudaratkan). Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuh pohon.”

Selain itu, ada doa lain yang diajarkan Nabi Muhammad SAW saat turun hujan, hal ini sebagaimana tercantum dalam kitab Maslakul Akhyar, sebagaimana berikut.

Doa lain saat hujan...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement