Kamis 30 Nov 2023 10:50 WIB

Mengapa Muslim Diperintahkan Hidup Hemat?

Boros adalah perilaku tercela.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Mengapa Muslim Diperintahkan Hidup Hemat?
Foto: Republika/Thoudy Badai
Mengapa Muslim Diperintahkan Hidup Hemat?

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ajaran Islam menganjurkan untuk berperilaku hemat. Hemat berarti cermat dan berhati-hati dalam menggunakan atau membelanjakan harta.

Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad dalam kitab Fushulul Ilmiyah menjelaskan hemat sebagai sikap pertengahan dalam membelanjakan harta. Artinya, tidak pelit (bakhil) juga tidak boros (tabzir) serta berlebih-lebihan (israf).

Baca Juga

Sebab, pelit adalah perilaku buruk, bahkan dalam surat An Nisa ayat 36-37 dijelaskan pelit itu tanda orang sombong dan membanggakan diri.

BACA JUGA: Alquran dengan Gamblang Sebut Yahudi Manusia Paling Tamak, Berikut Tafsir Al Baqarah 96

إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُورًا . الَّذِينَ يَبْخَلُونَ وَيَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبُخْلِ وَيَكْتُمُونَ مَا آتَاهُمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ ۗ وَأَعْتَدْنَا لِلْكَافِرِينَ عَذَابًا مُهِينًا .

Artinya: Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri, (yaitu) orang-orang yang kikir dan menyuruh orang lain berbuat kikir, dan menyembunyikan karunia Allah yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Dan Kami telah menyediakan untuk orang-orang kafir siksa yang menghinakan. (Alquran surat An Nisa ayat 36-37).

Allah telah menyiapkan azab bagi orang yang pelit dan yang mengajak orang lain pelit. Begitupun boros adalah perilaku tercela. Dalam surat Al Isra ayat 26-27 dengan tegas Allah memperingatkan agar jangan boros. Karena orang boros itu saudaranya setan.

BACA JUGA: Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Arab, Latin, dan Terjemahan

وَآتِ ذَا الْقُرْبَىٰ حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا . إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِينِ ۖ وَكَانَ الشَّيْطَانُ لِرَبِّهِ كَفُورًا .

Artinya: Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya. (Al Isra ayat 26-27).

Sementara itu orang yang hemat...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement