Selasa 28 Nov 2023 17:05 WIB

Tiga Hal yang Membuat Umat Islam Jadi yang Terbaik

Umat Islam banggakan warisan kemanusiaan Nabi Muhammad SAW.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi shalat berjamaah dan berdakwah menyerukan kebaikan.
Foto: Republika/Ali Yusuf
Ilustrasi shalat berjamaah dan berdakwah menyerukan kebaikan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Alquran surat Ali Imran ayat 110, Allah SWT bersabda bahwa umat Islam adalah umat yang terpilih dan umat yang terbaik diantara umat-umat lainnya. 

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ ۗ وَلَوْ آمَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ ۚ مِنْهُمُ الْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ الْفَاسِقُونَ

Baca Juga

Artinya: Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (Alquran surat Ali Imran ayat 110).

Dari ayat ini, dapat diketahui juga bahwa ada tiga hal yang membuat Islam menjadi umat yang terbaik. 

 

1)Umat Islam mendapat perintah untuk senantiasa mengajak kepada kebaikan (tamuruna bil makruf ).  

Setiap Muslim diperintahkan untuk menyeru pada manusia lainnya agar beriman. Mengenalkan kepada sesama tentang dzat Allah SWT. Mengenalkan kepada sesama tentang apa-apa yang menjadi kewajiban sebagai seorang hamba ketika berada di dunia. Serta mengenalkan pada sesama manusia akan misi utama yang diemban manusia di dunia. Setiap individu Muslim tidak boleh putus asa dan tak boleh lelah dalam berdakwah. Sebab orang-orang batil pun tidak pernah berputus asa dalam mengajak manusia berbuat kebatilan. 

2) Umat Islam diperintahkan untuk mencegah setiap kemungkaran di muka bumi (watan hauna anil munkar ). 

Setiap Muslim punya kewajiban untuk mencegah dan menghentikan perbuatan-perbuatan mungkar termasuk pemikiran-pemikiran yang dapat merusak kehidupan beragama agar tidak berimbas pada kebaikan umat. Seorang Muslim harus berani dalam menyuarakan kebenaran dan menghentikan kemungkaran. 

3) Umat Islam diperintahkan untuk terus menambah atau mempertebal keimanannya kepada Allah (watu minuna billah). 

Ketika seorang manusia beriman kepada Allah dan yakin dengan seyakin-yakinnya akan janji Allah kepada orang yang beriman maka ia akan terpilih (termasuk) menjadi khoiro ummatin (umat yang terbaik).

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement