Jumat 24 Nov 2023 19:53 WIB

Alquran Telah Bongkar Perilaku Narsistik Yahudi yang Gemar Hina Orang Lain 14 Abad Silam

Bangsa Yahudi akan senantiasa memusuhi umat Islam

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti, Mabruroh   / Red: Nashih Nashrullah
Yahudi ortodoks (ilustrasi). Bangsa Yahudi akan senantiasa memusuhi umat Islam
Yahudi ortodoks (ilustrasi). Bangsa Yahudi akan senantiasa memusuhi umat Islam

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA— Alquran mengabadikan karakter dan watak jahat bangsa Yahudi. Yahudi dikenal sebagai kaum yang memiliki sikap buruk. Salah satunya suka merendahkan orang lain. 

 

Baca Juga

Yahudi saat ini terutama Zionis Israel pun melakukan hal yang sama. Terbukti dengan sikap mereka terhadap bangsa Palestina dengan melakukan diskriminasi dan politik apartheidnya.  Alquran mengungkap tabiat buruk suka merendahkan orang lain itu sebagaimana terdapat dalam surat Ali Imran ayat 75: 

 

 

۞ وَمِنْ اَهْلِ الْكِتٰبِ مَنْ اِنْ تَأْمَنْهُ بِقِنْطَارٍ يُّؤَدِّهٖٓ اِلَيْكَۚ وَمِنْهُمْ مَّنْ اِنْ تَأْمَنْهُ بِدِيْنَاارٍ لَّا يُؤَدِّهٖٓ اِلَيْكَ اِلَّا مَا دُمْتَ عَلَيْهِ قَاۤىِٕمًا ۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْا لَيْسَ عَلَيْنَا فِى الْاُمِّيّٖنَ سَببِيْلٌۚ وَيَقُوْلُوْنَ عَلَى اللّٰهِ الْكَذِبَ وَهُمْ يَعْلَمُوْنَ  

 

“Di antara Ahli kitab ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya harta yang banyak, dikembalikannya kepadamu, dan di antara mereka ada orang yang jika kamu mempercayakan kepadanya satu dinar, tidak dikembalikannya kepadamu kecuali jika kamu selalu menagihnya. Yang demikian itu lantaran mereka mengatakan, "Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang ummi. Mereka berkata dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui.”  

 

Mengutip Tafsir Tahlili Kementerian Agama, ayat sebelumnya menjelaskan perilaku buruk Ahlul Kitab terhadap kaum muslim yang disebabkan oleh rasa kedengkian atas karunia yang diberikan kepada mereka, maka  dalam tafsir ayat ini menginformasikan bahwa di antara Ahlul Kitab ada juga yang baik. Di antara Ahlul Kitab ada yang jika engkau percayakan kepadanya harta yang banyak, niscaya dia mengembalikan semua-nya kepadamu dan tidak berkurang sedikit pun.  

 

Tetapi ada pula di antara mereka yang jika engkau percayakan kepadanya satu dinar, yakni harta yang sedikit, dia justru tidak mengembalikannya kepadamu, kecuali jika engkau selalu menagihnya. 

 

Baca juga: Mengapa Yahudi Sangat Membenci Nabi Muhammad? Jawabannya di Surat An Nisa ayat 54

 

Yang demikian itu disebabkan adanya keyakinan mereka bahwa orang-orang selain mereka memang layak untuk dizalimi, dibohongi, dan dikhianati.  

 

Karena itu mereka berani melanggar hukum Allah SWT seraya berkata, “Tidak ada dosa bagi kami terhadap orang-orang buta huruf, yakni selain golongan Ahlul Kitab.”     

 

Mereka dengan sengaja mengatakan hal yang dusta terhadap Allah, padahal mereka mengetahui kalau hal itu adalah dosa besar. 

 

Dalam tafsir lain diseburkan bahwa di antara Ahli Kitab itu ada sekelompok manusia yang apabila mendapat kepercayaan diserahi harta yang banyak atau pun sedikit, mereka mengembalikannya sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya. 

 

Tetapi ada pula di antara mereka yang apabila mendapat kepercayaan diserahi sejumlah harta sedikit saja mereka tidak mau mengembalikan kecuali apabila ditagih, baru mereka mau menyerahkannya setelah melalui proses pembuktian. 

 

Hal ini menunjukkan bahwa…

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement