Rabu 22 Nov 2023 05:55 WIB

Dzikir Pagi yang Diajarkan Rasulullah SAW dan Keutamaannya

Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Alquran dan Dzikir (ILustrasi) Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim
Alquran dan Dzikir (ILustrasi) Dzikir mempunyai sejumlah keutamaan untuk Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW memberikan tuntunan bacaan dzikir ataupun doa pagi hari sebagai perlindungan dari berbagai macam godaan setan. Membaca dzikir ini pada pagi hari maka akan dilindungi hingga waktu terbenamnya matahari. 

Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, dia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

 مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ كَانَتْ لَهُ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ وَكُتِبَ لَهُهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَمُحِيَتْ عَنْهُ مِائَةُ سَيِّئَةٍ وَكَانَتْ لَهُ حِرْزًا مِنْ الشَّيْطَانِ يَوْمَهُ ذَلِكَ حَتَّى يُمْسِيَ وَلَمْ  يَأْتِ أَحَدٌ بِأَفْضَلَ مِمَّا جَاءَ إِلَّا رَجُلٌ عَمِلَ أَكْثَرَ مِنْهُ

"Siapa yang membaca Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lahuu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alaa kulli syai'in qodiir, maka diganjar pahala seperti membebaskan sepuluh orang budak, ditetapkan baginya seratus kebaikan dan dijauhkan darinya seratus keburukan. Juga diberikan perlindungan dari (godaan) setan pada hari itu hingga petang. Tidak ada yang yang lebih baik dari itu kecuali orang yang mengamalkannya lebih banyak dari itu." (HR Bukhari) 

 

Adapun doa lengkapnya dengan aksara Arab, sebagai berikut:

 لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Latin:

Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lahuu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa 'alaa kulli syai-in qodiir

Terjemahan:

"Tidak ada ilah (yang berhaq disembah) selain Allah Yang Maha Tunggal tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu."

Hadits itu menunjukkan bahwa Allah SWT membuka banyak pintu kebaikan bagi hamba-Nya. Allah SWT memberi pahala yang besar kepada para hamba-Nya yang senantiasa berdzikir, berdoa, bertahlil, dan bertasbih.

Baca juga: Sungai Eufrat Mengering Tanda Kiamat, Bagaimana dengan Gunung Emasnya?

Dalam hadits ini, Nabi Muhammad SAW bersabda tentang keutamaan berdzikir dengan kalimat tauhid. Siapa yang mengucapkan dzikir itu 100 kali dalam sehari, maka memperoleh pahala seperti membebaskan 10 budak yang dimilikinya, dan dicatat baginya 100 amal shaleh, dan 100 amal buruknya akan dihapuskan.

Dzikir tersebut juga menjadi benteng perlindungan dari godaan setan sepanjang hari hingga waktu petang. Tidak ada amalan seseorang yang lebih baik dari pada orang yang mengucapkan dzikir ini kecuali orang yang mengamalkan dzikir ini lebih dari 100 kali.

Maksud "mengamalkan lebih banyak dari 100 kali" yaitu bisa dengan menambahkannya melalui bacaan dzikir selain dengan dzikir yang tercantum dalam hadits itu, atau dengan amal shaleh yang lain.

Sumber: dorar

photo
Infografis Waktu Terbaik Berdzikir - (Republika.co.id)

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement