Jumat 17 Nov 2023 13:36 WIB

Bacaan Dzikir dan Doa Sebelum Tidur yang Disunnahkan

Sebagian doa dan dzikir sebelum tidur sebagian berasal dari ayat Alquran dan hadits.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

3. Membaca surat Al-Ikhlas dan mu’awwidzatain (surat Al-Falaq dan surah An-Nas)

Lalu, menghembuskannya pada kedua telapak tangan, lalu mengusapkan kedua telapak tangannya itu ke sekujur tubuh sebanyak tiga kali.

Dalilnya adalah: Hadits yang diriwayatkan dari bunda Aisyah Radhiyallahu  Anha ia mengisahkan, “Biasanya Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam ketika hendak beranjak menuju tempat tidur pada setiap  malamnya, maka beliau akan menggabungkan kedua telapak tangannya, kemudian menghembuskannya seraya membaca, surah (qul huwallahu ahad) (Al-Ikhlas), surat (qul a’udzu bi rabbil-falaq)(Al-Falaq), dan surah (qul a’udzu bi rabbin-nas) (An-Nas), kemudian beliau menggunakan telapak tangannya untuk mengusapkan apa yang bisa beliau jangkau dari tubuhnya, dimulai dari kepalanya, lalu wajahnya, dan semua bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari no.5017)

Hadits ini menunjukkan Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam menerapkan sunnah tersebut pada setiap hari, karena pada hadits itu bunda Aisyah mengatakan “pada setiap malamnya.” Cara  pelaksanaan sunnah ini adalah dengan menggabungkan kedua telapak tangan di hadapan mulut, lalu dihembuskan nafas pada telapak tersebut sambil membaca surat Al-Ikhlas dan mu’awwidzatain.

Kemudian, mengusap seluruh anggota tubuh yang bisa dijangkau dengan telapak tangan tersebut, yang dimulai dari atas kepala, lalu turun ke wajah, dan seterusnya hingga seluruh tubuh. Hal ini dilakukan sebanyak tiga kali.

4. Membaca surat Al Kafirun

Dalilnya adalah hadits yang diriwayatkan dari Urwah bin Naufal, dari ayahnya Radhiyallahu Anhu, bahwasanya Nabi Shallallahu alaihi wa Sallam pernah berkata kepada Naufal, “Bacalah olehmu surah (qul ya ayyuhal-kafirun) (Al-Kafirun), barulah kamu tidur setelah menyelesaikannya, karena surat itu merupakan pembebasan diri dari kemusyrikan.” (HR. Ahmad no.21934, Abu Dawud no.5055, At-Tirmidzi no.3403, dan dikategorikan sebagai hadits hasan oleh Al-Albani Rahimahullah)

Doa-doa sebelum tidur...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement